Karyawan laundry memiliki peranan penting dalam berjalannya bisnis laundry. untuk itu anda harus mengetahui cara terbaik mengatur karyawan laundry agar bekerja dengan tekun dan rajin sehingga terbangun outlet laundry yang sukses.

Karyawan dianggap penting karena dengan adanya karyawan, proses laundry dapat berjalan dengan semestinya. Karyawan juga harus membangun citra outlet laundry dimana sikap dan pelayanan yang baik akan sangat diharapkan agar terciptanya kesan yang baik pula kepada pelanggan.

Dengan begitu, sangat penting jika anda benar-benar memperhatikan kinerja karyawan yang dapat memuaskan pelanggan laundry anda dengan pelayanan yang aman dan nyaman. Berikut dibawah ini ulasan mengatur karyawan laundry dengan baik.

Langkah-langkah Mengatur Karyawan Laundry dengan Baik dan Tepat

1. Menyeleksi karyawan yang memang sudah mengerti tentang laundry

mengatur karyawan laundry

Saat proses perekrutan usaha laundry, anda harus menyeleksi dengan benar karyawan yang akan masuk dan bekerja di outlet laundry anda. Langkah ini sangat penting untuk dilakukan, karena proses pengenalan melalui seleksi yang selektif akan membuat anda tidak salah memilih karyawan yang benar. 

Tentu akan lebih mudah jika karyawan yang akan diterima merupakan orang yang memang berpengalaman atau memiliki pengetahuan dibidang laundry. Hal ini akan membuat anda tidak terlalu kesulitan dalam memberi arahan kepada karyawan yang akan bekerja, anda akan lebih mudah memberikan penjelasan yang lebih lengkap dan lebih jelas.

2. Membuat struktur kerja yang baik dan benar

Struktur kerja sangat penting demi kepentingan bersama sesama karyawan laundry. Dengan struktur kerja yang jelas pula, anda dapat memberikan arahan sesuai dengan keahlian dan tentunya pekerjaan lebih tersusun dan lebih rapi.

Misal, yang terbiasa atau lebih suka menyetrika diposisikan dibidang iron, atau proses menyetrika. Kemudian yang lebih paham mengenai sistem keuangan diposisikan di bidang transaksi atau kasir. Sisanya dapat anda posisikan dibidang proses mencuci. 

3. Memberikan wawasan lebih dibidang laundry

mengatur karyawan laundry

Memberikan wawasan lebih bukan berarti memberikan arahan dari awal, namun memberikan pengetahuan lebih banyak lagi dibidang laundry agar karyawan lebih memahami proses laundry dari awal hingga akhir dengan benar.

Sistem di mesin cuci juga terkadang berbeda-beda, sehingga anda dapat memberikan arahan bagaimana cara penggunaannya yang benar. Dengan begitu, mesin cuci juga akan digunakan sebagaimana mestinya.

Sama halnya dengan mesin cuci, pada bidang kasir juga perlu anda berikan pengarahan bagaimana cara melayani dan mengatur uang serta lain-lainnya dalam proses transaksi. Hal ini untuk menghindari kesalahan saat proses transaksi laundry berlangsung. 

4. Rutin melihat kinerja karyawan 

mengatur karyawan laundry

Setelah menerima pegawai, memberikan struktur kerja yang jelas beserta jam kerja yang sudah disepakati, anda juga harus rajin mengecek atau melihat kinerja pegawai laundry anda. Bagaimana karyawan satu dengan lainnya saling bekerjasama untuk melakukan pekerjaan mereka. 

Namun, terkadang anda mungkin akan kesulitan untuk melihat kinerja karyawan setiap harinya di outlet laundry. Untuk itu, Aplikasi Saku Laundry hadir memberikan kenyamanan dan keamanan bagi owner laundry dalam menjalankan bisnisnya. Saku Laundry merupakan Aplikasi kasir terbaik.

Anda dapat mengatur karyawan laundry dengan melihat kinerja pegawai melalui aplikasi kasir berbasis android ini. anda dapat mengetahui, siapa yang banyak bekerja. Selain itu, sistem ini juga dilengkapi untuk mengurangi kecurangan pegawai yang kerap kali terjadi saat proses laundry maupun proses transaksi.

5. Memberikan reward kepada karyawan 

mengatur karyawan laundry

Sesekali anda dapat memberikan reward atas kerja keras para karyawan laundry. Hal ini dapat anda lakukan dalam mengatur karyawan laundry untuk memacu semangat kerja para pegawai, agar selalu berusaha memberikan usaha terbaik serta dapat memberikan pelayanan terbaik juga kepada para pelanggan.

Selain itu, reward juga diberikan agar pegawai mendapat apresiasi dari hasil pekerjaan mereka. Hal ini juga akan membuat hubungan antara pegawai dan owner menjadi semakin dekat dan akrab. Sehingga terbangunlah lingkungan kerja yang sehat dan nyaman.

Tips diatas diharapkan dapat memberikan anda lebih banyak lagi pengetahuan berupa pengalaman dalam mengatur karyawan laundry yang baik dan benar. Sehingga anda akan lebih bijak dan selektif dalam mengatur karyawan laundry dengan baik.

 

Baca juga: Cara Terbaik Merekrut Karyawan Laundry

Baca juga: 7 Tips Menangani Komplain Pelanggan Laundry

Cek Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube