Pakaian hangat memang selalu menjadi penolong dikala musim hujan. Salah satunya adalah Sweater rajut yang akhir-akhir ini menjadi primadona. Mencuci Sweater rajut juga tidak bisa sembarangan, karena memiliki serat pakaian yang cukup tebal.

Jika asal-asal dalam mencucinya, kemungkinan kain rajut dapat tersangkut dan hal ini akan menyebabkan sweater menjadi rusak dan benang rajut pun akan terlepas. Tentu hal ini sangat disayangkan apabila dibiarkan. Hal ini juga disebabkan karena benang rajut pada sweater memiliki rongga yang cukup berjarak. Sehingga rentan tersangkut.

Oleh karena itu, anda harus mengetahui cara terbaik dan tepat dalam mencuci sweater rajut agar awet dan tentunya akan membuat sweater anda tidak akan melar setelah dicuci. Simak ulasannya dibawah ini.

Langkah yang harus dilakukan untuk Mencuci Sweater Rajut

1. Pisahkan sweater dengan pakaian yang berkancing

mencuci sweater

Pakaian yang berkancing atau memiliki pengait seperti celana jeans, kemeja dan sebagainya, jika dicuci berbarengan dengan sweater rajut, maka akan berakibat sweater tersangkut pada pakaian yang memiliki pengait atau kancing tersebut.

Sehingga, sebelum mencuci sweater kedalam mesin cuci, pastikan bahwa pakaian yang dicuci bersamaan tidak memiliki pengait ataupun kancing untuk menghindari tersangkutnya benang-benang sweater saat dicuci.

2. Gunakan air hangat untuk mencucinya

Tuang deterjen dalam larutan air hangat. Air hangat sangat baik untuk menjaga benang-benang rajut pada sweater, sehingga akan membuat sweater lebih tahan lama dan juga terhindari dari kerusakan kain.

Jika anda menggunakan mesin cuci, hal yang sama dapat anda lakukan, namun perlu diperhatikan mode atau pengaturan yang tepat  agar sweater tidak tergiling terlalu keras selama proses pencucian dengan mesin cuci. Gunakan mode yang paling aman untuk mencuci seperti mode mencuci pakaian bayi.

3. Hindari menyikat saat mencuci sweater

mencuci sweater

Sikat merupakan musuh terbesar sweater. Sekali sikat saja, sweater rajut akan rusak karena tersangkut dengan sikat dan akan membuat benang-benang menjadi keluar. Hal ini tentu akan merusak keindahan dari sweater rajut.

Untuk itu anda harus menghindari penggunaan sikat untuk sweater, jika sweater terkena noda, anda dapat menggunakan sabun padat kemudian gosok diatas permukaan noda dan kucek secara perlahan hingga noda memudar dan hilang sedikit demi sedikit.

4. Cara mengeringkan sweater dengan baik

mencuci sweater

Untuk proses mengeringkan sweater rajut, anda dapat menggunakan mesin cuci. Mesin pengering akan membantu mengeringkan sweater anda sebelum dijemur. Namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum mengeringkan dengan mesin cuci.

Pertama, hindari isi tabung mesin cuci terlalu penuh. Kemudian jangan terlalu lama menggiling sweater rajut di dalam mesin cuci, dan gunakanlah pengaturan kecepatan sedang saat proses pengeringan berlangsung.

Untuk tahapan penjemurannya, sebaiknya anda hindari menjemur dibawah terik matahari. cukup dengan mengangin-anginkannya saja. Hindari juga untuk menjemur dengan hanger, karena ini merupakan salah satu faktor sweater menjadi melar.

5. Tips penyimpanan untuk meletakan sweater

mencuci sweater

Untuk penyimpanannya anda cukup melipatnya saja di dalam lemari. Anda juga harus menghindari penggunaan hanger. Meski melipat akan memakan tempat, namun jika anda menggantung sweater terlalu lama justru akan membuat sweater menjadi melar dan bentuknya akan berubah.

Anda juga dapat menyiapkan wadah khusus untuk menyimpan sweater anda, sehingga tidak memenuhi lemari, dan anda juga akan lebih mudah menyimpan dan mengambil sweater anda karena diletakan di tempat yang terpisah.

Demikianlah beberapa tips mencuci sweater rajut anti melar yang dapat anda lakukan. Anda tidak perlu khawatir lagi sweater akan menjadi melar sehabis dicuci. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga: Merawat Handuk Agar Tidak Berjamur!

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Pakaian Melar Saar Dicuci

Cek Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube