Handuk umumnya digunakan untuk mengeringkan badan dan rambut. Setelah digunakan, handuk akan menjadi lembab sehingga perlu diperhatikan agar merawat handuk anti jamur. Jamur yang menempel pada handuk dapat menyebabkan berkembangnya kuman yang kurang baik untuk tubuh setelah mandi.

Di masa pandemi seperti saat ini, tentu kita harus lebih ekstra lagi dalam menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh kuman yang bersarang di tempat-tempat yang tidak kita ketahui. 

Anda perlu memperhatikan cara merawat handuk dengan baik agar terhindar dari bakteri dan jamur yang memiliki kemungkinan besar untuk berkembang biak pada handuk setelah anda menggunakannya. Lalu bagaimana cara merawat handuk agar tidak berjamur?

Cara Merawat Handuk Agar Tidak Berjamur

  • Gunakan takaran deterjen yang tepat saat ingin mencuci handuk

Perlu anda ketahui bahwa menggunakan takaran yang tepat untuk menuangkan deterjen sangat penting. Jika tujuan anda ingin membuat handuk lebih bersih dengan menggunakan banyak deterjen, maka anggapan ini salah untuk dilakukan. 

Dengan anda menggunakan terlalu banyak deterjen justru akan membuat handuk yang akan dibilas sulit untuk dihilangkan sisa sabunnya. Sehingga anda perlu memperhatikan takaran sabun yang akan digunakan.

  • Sebaiknya gunakan deterjen cair

merawat handuk

Kain pada handuk memiliki serat kain yang lebih tebal agar dapat menyerap air dengan lebih baik. Untuk itu dalam merawat handuk agar lebih awet dan juga lebih bersih, sebaiknya anda gunakan deterjen cair untuk mencuci.

Akan lebih baik jika menggunakan deterjen cair yang lebih mudah larut. Namun, jika anda menggunakan deterjen bubuk maka serbuknya akan mengendap di deterjen anda, pastikan bahwa deterjen bubuk benar-benar larut dengan baik.

  • Bilas dengan bersih ketika habis mencuci handuk

Setelah anda selesai mencuci, pastikan anda membilas kain handuk dengan sangat bersih. Usahakan berulang-ulang agar busa dan kotoran yang masih menempel hilang dan handuk yang anda cuci tentunya akan lebih bersih.

  • Menggantung handuk di tempat yang kering

merawat handuk

Mungkin anda terbiasa menggantung handuk di kamar mandi, padahal kamar mandi merupakan area yang lembab. Jika anda menggantung atau membiarkan handuk tergantung di dalam kamar mandi justru akan mempermudah bakteri dan jamur hinggap pada handuk anda. 

Untuk itu, hindari meletakan handuk di kamar mandi terlalu lama. Setelah digunakan sebaiknya jemur handuk dengan baik dan hindari tempat-tempat yang lembab untuk menghindari adanya bakteri yang dapat berkembang pada handuk anda.

merawat handuk

Setelah selesai proses pencucian pun anda juga harus memperhatikan cara menjemur handuk dengan benar. Jangan sampai handuk yang masih lembab atau belum terlalu kering anda lipat begitu saja. usahakan menjemur handuk hingga benar-benar kering. Dengan begitu anda dapat lebih baik dalam merawat handuk.

  • Usahakan anda tidak menyetrika handuk

merawat handuk

Anda juga perlu memperhatikan langkah berikut, hindari untuk menyetrika handuk karena zat panas yang dihasilkan setrika dapat merusak serat kain pada handuk. Selain itu, meskipun handuk tidak di setrika, bahannya tidak akan kusut.

  • Rutinlah mengganti handuk anda

merawat handuk

Langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah mengganti handuk secara rutin. Jangan menggunakan handuk hingga berminggu-minggu lamanya. Karena handuk yang terlalu lama tidak dicuci merupakan penyebab yang paling sering terjadi untuk tumbuhnya jamur.

Maksimal, gunakan handuk hingga seminggu. Akan lebih baik jika menggunakan handuk hingga 3 sampai 4 hari. Handuk akan lebih terjaga kebersihannya dan terhindar dari kuman. Handuk yang jarang dicuci atau diganti akan memudahkan jamur untuk berkembang biak.

Jadi itulah dia bagaimana cara merawat handuk dengan baik. Pastikan untuk meletakan handuk di tempat yang kering dan hindari tempat lembab, yang tak kalah penting adalah mengganti handuk anda secara rutin untuk menghindari jamur.

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian Anti Bakteri

Baca juga: 8 Tips Mencuci Baju Wangi Sepanjang Hari

Cek Youtube kami: Saku Laundry | Youtube