Mengatasi pakaian melar merupakan salah satu hal yang wajib anda lakukan agar pakaian lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Merawat pakaian sehari-hari dengan baik, tentu akan membuat kita lebih percaya diri setiap kali mengenakannya.

Umumnya pakaian berbahan kaos merupakan jenis pakaian yang mudah melar. Pakaian-pakaian yang memiliki jenis bahan yang elastis juga tak luput dari masalah bahan menjadi melar. Hal ini tentunya akan sangat disayangkan apalagi jika pakaian tersebut merupakan baju kesayangan anda.

Ada beberapa faktor yang membuat pakaian berubah bentuknya. Hal tersebut dapat disebabkan karena cara mencuci yang salah. Sehingga anda perlu mengetahui bagaimana mengatasi pakaian melar ketika dicuci. Simak ulasannya dibawah selengkapnya dibawah ini.

Langkah-langkah untuk mencuci tanpa membuat pakaian melar

1. Terlalu banyak memasukan pakaian ke dalam mesin cuci

mengatasi pakaian melar

Jika anda mencuci pakaian terlalu banyak dalam sekali putaran mesin cuci. Akan ada banyak dampak yang kurang baik yang akan ditimbulkan. Pertama mesin cuci akan rusak karena terlalu dipaksa untuk memutar pakaian yang jumlahnya tidak sesuai atau berlebih.

Dampak kedua yang ditimbulkan adalah, cucian menjadi kurang bersih karena terlalu penuh. Terakhir adalah akan berdampak mengubah bentuk pakaian yang ada cuci, karena ketika mesin cuci penuh, pakaian akan berputar dan saling tarik menarik di dalam mesin cuci.

Untuk itu anda perlu mengatasi pakaian melar agar nantinya pakaian anda tidak berubah bentuk ketika proses mencuci di mesin cuci. Perlu dihindari terlalu banyak memasukan pakaian ke dalam mesin cuci. Masukan pakaian maksimal dengan kententuan mesin cuci pertabungnya.

2. Tidak membaca simbol aman dicuci atau tag pada pakaian

mengatasi pakaian melar

Membaca simbol atau tag pada pakaian sangatlah penting untuk anda lakukan agar anda dapat mengatasi pakaian melar saat dicuci. Simbol-simbol yang pada umumnya terdapat pada bagian leher dalam baju memiliki arti untuk mencuci dan hal apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan dalam proses mencuci pakaian tertentu.

Pastikan sebelum mencuci anda sudah membaca keterangan atau tag mencuci yang benar dan apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan atau digunakan ketika proses mencuci. Sehingga anda dapat menghindari baju menjadi melar dan dapat mengantisipasi adanya kerusakan pada pakaian.

3. Gunakan air dingin ketika mencuci

Air dingin merupakan hal terbaik untuk mencuci. Air dingin juga dapat mengatasi pakaian melar. Meskipun ada beberapa pakaian yang sebaiknya dicuci dengan menggunakan air panas, pada umumnya akan lebih baik jika anda menggunakan air dingin untuk proses mencuci pada umumnya.

Air dingin dapat mengurangi kemungkinan pakaian menjadi melar dan merubah bentuk pada pakaian. Selain itu, air dingin juga akan mengurangi kemungkinan lainnya yang dapat merusak serat-serat pakaian.

4. Perhatikan tombol pengaturan mesin cuci

mengatasi pakaian melar

Anda perlu memperhatikan tombol pengaturan pengering. Jika anda ingin mencuci pakaian sehari-hari dengan bahan yang elastis anda dapat menggunakan tenaga yang sedang atau standar. Hindari kecepatan tinggi atau maksimal ketika menggunakan mesin cuci.

Khususnya untuk pakaian berbahan elastis atau kaos, usahakan anda memilih mode gentle supaya pakaian tidak rusak dan menjadi melar. Dengan begitu anda dapat mengatasi pakaian melar saat proses mencuci.

5. Terlalu lama memasukan pakaian ke dalam mesin pengering

mengatasi pakaian melar

Mungkin sebagian dari anda menggunakan pengering pakaian dengan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil pengering yang maksimal. Namun, sebaiknya hal ini tidak lagi anda lakukan apalagi jika pakaian berbahan kaos.

Menggunakan mesin pengering terlalu lama akan membuat pakaian anda mudah melar bahkan rusak karena masuk ke dalam mode kecepatan untuk mengeringkan. Gunakanlah mode standar dengan waktu yang cukup untuk proses pengeringan pakaian anda untuk mengatasi pakaian melar.

Demikianlah tips jitu untuk mengatasi pakaian melar pada saat anda mencuci. Sehingga model dan juga bentuk pada pakaian tidak akan berubah dan akan tetap terlihat bagus seperti baru setiap kali anda menggunakannya. Selamat mencoba!

 

Baca juga: 8 Cara Mencuci Baju Agar Tidak Luntur

Baca juga: Tips Mencuci Baju Putih Agar Tidak Kekuningan

Cek Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube