Anda mungkin kesulitan untuk membuat cucian kering pada saat musim hujan. Cucian yang tak kunjung kering di musim hujan akan membuat pakaian menjadi bau apek dan tidak segar lagi. Padahal sudah menggunakan deterjen dan pewangi pakaian.

Belum lagi kuman yang dapat menempel pada pakaian yang terlalu lama dijemur. Pada dasarnya terlalu lama menjemur pakaian akan berpotensi untuk dihinggapi kuman-kuman. Namun, disaat musim hujan akan sangat sulit membuat pakaian yang sudah dicuci cepat kering.

Sehingga, anda harus mencari cara untuk membuat pakaian tetap kering di musim hujan. Untuk menghindari bau apek dan kuman. Lantas bagaimana cara yang tepat untuk membuat pakaian yang dicuci kering? Berikut ulasannya.

Beberapa Cara yang dapat dilakukan agar Pakaian Tetap Kering di Musim Hujan

  • Menggunakan Pewangi Pakaian saat Membilas Baju

cucian kering

Pada saat anda ingin membilas pakaian, anda dapat menggunakan pewangi pakaian. Caranya adalah, cukup menuangkan pewangi ke dalam air untuk membilas. Hal ini akan membuat pakaian anda tetap wangi pada saat proses menjemur dengan waktu yang cukup lama akibat tidak adanya sinar matahari.

  • Menggunakan Pengering di Mesin Cuci

Menggunakan mesin pengering juga ampuh membuat cucian kering. Dengan terus memutar dan memeras pakaian dalam mesin cuci akan mengurangi air setelah proses mencuci. Anda dapat mengatur mode pengering extra agar lebih cepat keringnya.

Setelah itu, anda cukup menjemur pakaian sebentar. Anda juga dapat menggunakan mode standar namun dengan waktu yang agak lama agar serat pakaian tidak mudah rusak dengan menggunakan mode ekstra pengering. 

  • Memberi Jarak ketika hendak Menjemur

cucian kering

Hal ini sangat penting, karena ketika anda menjemur dengan jarak yang cukup dekat akan sulit untuk mengeringkan pakaian yang sudah selesai dicuci. Pakaian tidak memiliki cukup ruang untuk memperoleh angin dengan tujuan agar cucian kering saat menjemur. 

  • Menggunakan Hanger pada saat Menjemur Pakaian

Gunakanlah hanger ketika anda ingin menjemur pakaian. Hal ini akan memaksimalkan cucian kering. Sehingga pakaian akan terhindar dari kuman yang dapat menimbulkan bau yang disebabkan oleh proses menjemur yang terlalu lama.

  • Menjemur di Ruang Terbuka dan Mengandalkan Angin

Anda dapat memanfaatkan angin secara alami agar cucian kering di musim hujan. Meskipun tidak adanya sinar matahari, tetapi angin tetap berhembus dan akan membantu proses pengeringan pakaian lebih cepat, usahakan menaruh pakaian di tempat terbuka namun tetap terlindungi dari air hujan.

  • Cobalah untuk Menggunakan Kipas Angin

cucian kering

Anda dapat menggunakan cara praktis ini untuk membuat cucian kering dengan segera. Anda juga dapat memanfaatkan kipas angin untuk pakaian-pakaian yang tidak memiliki bahan yang tebal atau berat, sehingga tetap menghemat listrik karena menggunakan energi listrik untuk menyalakan kipas angin.

  • Cara Terakhir yang dapat dilakukan, Memanfaatkan Kipas AC

cucian kering

Jika anda memiliki pendingin udara, maka anda dapat memanfaatkan kipas yang ada di luar rumah untuk menjalankan AC dirumah anda. Cara ini cukup ampuh untuk membuat cucian kering. Kipas AC memiliki uap yang cukup panas sehingga pakaian yang diletakan di dekat kipas AC akan lebih cepat kering.

Itulah tips yang dapat anda lakukan untuk mengeringkan pakaian agar cucian kering di musim hujan. Sehingga anda tidak perlu khawatir jika pakaian anda tetap kering dan dapat digunakan kembali dengan memanfaatkan bahan dan alat lainnya.

Baca juga: 8 Tips Mencuci Baju Wangi Sepanjang Hari

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian Anti Bakteri

Cek juga Youtube kami: Saku Laundry | Youtube