Menghadapi masa pandemi saat ini, anda perlu memperhatikan kesehatan mulai dari salah satunya mencuci pakaian anti bakteri. Kuman akan sangat mudah hinggap di tubuh kita terutama pada baju anda. Selain itu, kita juga harus menjaga kesehatan dengan rutin mencuci tangan dan menggunakan masker agar terhindar dari Virus COVID-19.

Banyak cara dilakukan agar kesehatan pada tubuh kita terjaga. Salah satunya adalah menjaga kebersihan pada pakaian. Kita tidak dapat memastikan apakah ada kuman atau bakteri yang menempel pada baju kita, karena bakteri memiliki partikel yang sangat kecil dan sangat sulit untuk dilihat oleh kasat mata.

Serat halus pada pakaian sangat mudah menjaring bakteri. Tentu anda perlu memperhatikan kebersihan pakaian anda dengan cara mencuci yang bersih dan benar agar kuman tidak menempel pada pakaian anda. Lantas bagaimana cara mencuci pakaian anti bakteri?

Langkah-langkah Mencuci Pakaian Anti Bakteri

  • Menggunakan air hangat untuk membunuh kuman

mencuci pakaian anti bakteri

Suhu yang panas ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri yang menempel pada pakaian anda. Sebaiknya langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah anda perlu merendam pakaian anda dengan menggunakan air hangat.

Suhu yang dibutuhkan paling tidak 60o Celsius. Lama merendamnya terlalu lama, cukup 15 hingga 20 menit saja. Kira-kira hingga air sudah tidak hangat lagi.

  • Menggunakan deterjen yang mengandung desinfektan

Selama masa pandemi, inovasi terus dikerahkan demi menjaga kesehatan. Salah satunya adalah saat ini sudah ada produk deterjen yang mengandung desinfektan. Kandungan didalam detergen ini mampu membunuh kuman, serta aman bagi pakaian berwarna.

Anda juga dapat menggunakan campuran cuka untuk menghilangkan kuman yang menempel pada pakaian. Untuk menghilangkan baunya anda bisa menggunakan cairan pengharum. Khusus warna putih, anda dapat menggunakan cairan pemutih. Selain pakaian dapat menjadi lebih putih, dan cemerlang, cairan pemutih juga mengandung desinfektan.

  • Mencuci dan membilas dengan bersih

mencuci pakaian anti bakteri

Langkah selanjutnya, anda perlu memperhatikan proses mencuci dan membilasnya. Pastikan anda menggunakan detergen dengan takaran yang tepat. Kemudian pada proses membilas, anda perlu ekstra agar busa serta kuman dan kotoran yang menempel dapat hilang dengan maksimal. Usahakan untuk membilas pakaian secara berulang-ulang.

  • Perhatikan saat ingin memasukan ke pengering

Ketika anda menggunakan mesin cuci untuk mengeringkan pakaian, maksimalkan dengan menggunakan extra dry. Dengan mengatur pengering extra maka akan mengeluarkan suhu panas yang dapat membunuh kuman.

Baju juga dipastikan akan lebih cepat kering. Langkah selanjutnya adalah mengeringkan pakaian dengan cara menjemurnya. Cukup dengan mengangin-anginkan pakaian karena pakaian sudah tidak terlalu basah.

  • Rajin mengganti baju

mencuci pakaian anti bakteri

Hal ini sangat penting karena dengan rutin mengganti baju yang sudah digunakan akan meminimalisir tumbuhnya kuman dan bakteri yang hinggap pada baju. Anda juga perlu mengganti baju jika anda sehabis dari luar rumah.

  • Rutin membersihkan mesin cuci

Langkah terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan membersihkan mesin cuci secara teratur. Hal ini ampuh untuk menjaga kebersihan dalam mencuci baju selanjutnya. Sehingga serat-serat pada pakaian tidak menumpuk di dalam mesin cuci.

Caranya adalah, dengan membersihkan bagian filter pada bagian dalam mesin cuci. Anda dapat mencopot bagian filter lalu mengeluarkan isinya. Setelah itu anda dapat mencuci filter mesin cuci dengan sabun dan air mengalir.

Itulah cara tepat untuk mencuci pakaian anti bakteri. Jangan lupa untuk rajin mencuci tangan, menggunakan masker apabila anda sedang berada di luar rumah, dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

Baca juga: Tips Aman Menggunakan Laundry Saat Pandemi

Baca juga: Penting! 5 Cara Praktis Membersihkan Mesin Cuci

Cek juga Youtube kami: Saku Laundry | Youtube