Jika anda memperhatikan cara mencuci pakaian yang benar dan baik, anda dapat menghindari baju rusak ketika proses mencuci berlangsung. Namun seringkali ada hal-hal yang tanpa disadari menyebabkan kerusakan pada pakaian pada saat mencucinya.

Kerusakan pada pakaian ini disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor ini dapat terjadi karena kurang ketelitian saat mencuci. Padahal tujuan anda adalah membersihkan pakaian agar dapat digunakan kembali.

Adapun kebiasaan yang perlu anda hindari ketika mencuci agar pakaian dapat bersih sekaligus terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan. Berikut beberapa tips dan cara untuk menghindari baju rusak saat dicuci.

Langkah-langkah yang dapat Anda Lakukan untuk Menghindari Baju Rusak Ketika Proses Pencucian

  • Perhatikan aturan pakai atau tag cara mencuci pada pakaian

menghindari baju rusak

Pada umumnya, pakaian memiliki tag khusus di bagian dalam belakang baju, yang isinya merupakan ‘care symbol’ atau tag yang akan memberikan instruksi bagaimana perawatan dan cara mencuci baju tersebut. 

Sebelum anda mencuci pakaian, pastikan anda sudah mengecek tag berikut agar anda tidak salah ketika mencucinya. Sehingga anda dapat menghindari baju rusak ketika proses mencuci berlangsung.

  • Pastikan kantong pakaian dan celana dalam keadaan kosong

menghindari baju rusak

Untuk masalah yang satu ini, mungkin banyak dari anda yang lupa mengosongkan kantong celana dan pakaian. Selain benda yang ada di dalam kantong akan rusak, jika anda lupa mengosongkan kantong akan berakibat pakaian yang dicuci menjadi rusak.

Contohnya tisu dan kertas yang dibiarkan di dalam kantong. Ketika mencuci, tisu atau kertas tersebut akan menjadi bubur dan bertebaran mengelilingi mesin cuci selama proses mencuci berlangsung, yang mengakibatkan serat-serat tisu menempel pada pakaian.

Sehingga anda perlu mengecek terlebih dahulu setiap atasan dan bawahan yang memiliki kantong, pastikan tidak ada yang tertinggal, seperti benda lunak maupun benda keras sekalipun.

  • Gunakan deterjen secukupnya saja

menghindari baju rusak

Apakah anda pernah terpikir bahwa menggunakan terlalu banyak deterjen akan membuat pakaian anda lebih bersih? Jika anda berpikir seperti itu maka anda harus mengubah sudut pandang tersebut.

Penggunaan deterjen terlalu banyak justru akan berakibat kerusakan pada pakaian yang dicuci, selain itu akan mengakibatkan kurang bersihnya pakaian dimana masih terdapat sisa-sisa sabun yang tidak bersih pada saat proses pencucian.

Belum lagi, hal ini juga dapat merusak mesin cuci yang digunakan, dimana penggunaan deterjen yang berlebihan akan membuat mesin cuci anda rusak. Untuk itu ketika anda ingin menggunakan mesin cuci, gunakanlah deterjen sesuai takaran atau secukupnya saja.

  • Memilah pakaian untuk menghindari luntur dan rusak

Pastikan pakaian yang luntur tidak tercampur dengan pakaian berwarna lainnya yang tidak luntur. Karena akan mengakibatkan pakaian lainnya terkena luntur. Tentunya hal ini akan mengurangi keindahan pada pakaian anda.

Lunturnya pakaian dapat anda hindari ketika anda membeli pakaian baru, rendam pakaian tersebut, apakah mengeluarkan warna atau tidak. Sehingga anda lebih mudah ketika anda ingin mencucinya kembali.

  • Pastikan pakaian dan celana yang ada resleting dalam keadaan tertutup

menghindari baju rusak

Biasanya setelah menggunakan pakaian dan bawahan, resleting pakaian biarkan terbuka. Padahal hal ini dapat merusak pakaian karena tertarik antara pakaian satu dengan pakaian lainnya. Dengan begitu juga pakaian lain akan berpengaruh juga dan ikut rusak.

Cara menghindari baju rusak, anda harus memastikan pakaian yang memiliki resleting sudah dalam keadaan tertutup. Hal ini untuk menghindari pakaian saling tersangkut antara satu dengan yang lain. Yang dapat memungkinkan terjadinya robekan pada pakaian setelah dicuci.

  • Pastikan anda mengecek noda dan membersihkannya terlebih dahulu

menghindari baju rusak

Untuk menghindari baju rusak, pastikan anda mencuci pakaian yang memiliki noda secara terpisah. Hal ini ini akan memaksimalkan proses pembersihan noda yang menempel. Selain itu dapat mencegah perpindahan noda di pakaian lainnya.

Anda dapat melakukan beberapa hal untuk menghindari baju rusak setelah anda selesai mencuci di mesin cuci. Pakaian kesayangan anda yang akan dicuci pun dapat digunakan seperti biasa tanpa khawatir baju menjadi rusak.

 

Baca juga: 8 Cara Mencuci Baju Agar Tidak Luntur

Baca juga: Hindari 5 Penyebab Baju Bau Apek!

Cek Youtube kami: Saku Laundry | Youtube