Anda mungkin sering mendapati baju yang sudah dicuci malah mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Ada banyak faktor penyebab baju bau apek, diantaranya karena proses mencuci yang salah, penyebab lainnya dapat terjadi karena mesin cuci yang digunakan.

Tentunya ini akan sangat merusak hari anda dan membuat ketidaknyamanan selama seharian beraktivitas. Karena bau apek dapat melekat secara terus menerus apabila anda terpaksa harus menggunakan baju tersebut tanpa mencucinya kembali.

Untuk itu, perlu diketahui beberapa penyebab baju bau apek agar dapat mencegah bau apek dan bau tidak sedap lainnya pada pakaian setelah dicuci sehingga baju tetap segar sepanjang hari. Simak ulasannya dibawah ini.

Apa Sajakah Penyebab Baju Bau Apek

1. Proses perendaman yang terlalu lama

penyebab baju bau apek

Merendam pakaian terlalu lama merupakan salah satu penyebab baju bau apek, anda perlu menghindari hal ini untuk menghindari bau apek yang menempel pada pakaian yang akan anda cuci. Anda dapat merendam pakaian selama 15 hingga 30 menit saja.

Proses perendaman yang terlalu lama juga akan membuat pakaian menjadi licin, hal ini justru akan mempersulit proses mencuci yang maksimal. Sehingga anda perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk membersihkannya.

2. Baju basah yang tidak langsung dicuci

Jika baju anda dalam keadaan basah maka anda harus langsung mencuci baju tersebut. Sehingga baju akan terhindar dari tumbuhnya jamur yang mengakibatkan baju dihinggapi kuman. Kelembaban juga sangat mudah memicu adanya bau yang disebabkan karena bakteri.

Jika anda belum sempat mencuci, anda dapat merendam pakaian terlebih dahulu di dalam larutan deterjen. Hindari untuk merendam pakaian terlalu lama. Anda perlu memperhatikan lamanya proses merendam, maksimal hingga 30 menit. 

3. Mesin cuci yang kotor

penyebab baju bau apek

Mesin cuci yang kotor juga merupakan salah satu penyebab baju bau apek. Karena baju kotor menyimpan banyak bakteri setelah mencuci beragam pakaian sehari-harinya. Untuk itu anda perlu memperhatikan kebersihan mesin cuci anda.

Rutinlah dalam melakukan pembersihan mesin cuci, agar terhindar dari kuman dan jamur yang sangat mudah hinggap dan tumbuh di dalam kelembaban. Anda juga harus mengecek filter yang ada di dalam mesin cuci untuk memastikan tidak ada kotoran yang bersarang.

4. Baju yang tidak langsung dijemur

penyebab baju bau apek

Setelah selesai proses mencuci baju, anda harus langsung mengeringkannya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bau disebabkan oleh adanya bakteri yang terjerembab di dalam kelembaban.

Jangan membiarkan baju yang sudah dicuci dalam keadaan setengah kering. Anda harus langsung menjemur pakaian tersebut agar terhindar dari faktor penyebab bau apek. Sehingga, jika baju sudah keluar dari mesin pengering, anda dapat langsung menjemurnya.

5. Baju yang belum sepenuhnya kering sudah dimasukkan kedalam lemari

wardrobe

Baju yang belum terlalu kering juga dapat memicu penyebab baju bau apek. Anda harus memastikan bahwa baju yang anda jemur benar-benar sudah kering tanpa adanya kelembaban sedikitpun. Anda dapat menggunakan mesin pengering sebelum menjemur pakaian.

Hal ini juga berlaku ketika baju yang masih lembab, langsung masuk ke proses penyetrikaan. Meskipun uap panas yang ditimbulkan dapat membuat pakaian lebih mudah kering, namun hal ini tetap akan menimbulkan bau yang kurang sedap.

Demikianlah beberapa penyebab baju bau apek dan cara untuk menghindarinya. Anda harus memastikan bahwa baju yang anda jemur benar-benar kering. Jangan sampai baju yang masih lembab langsung anda lipat dan dimasukkan kedalam lemari. Anda juga dapat menggunakan pengharum lemari untuk memberikan kesan harum setiap anda membuka lemari. Penggunaan pengharum lemari juga dimanfaatkan untuk menyerap kelembaban di dalam lemari yang tertutup.

 

Baca juga: 8 Tips Mencuci Baju Wangi Sepanjang Hari

Baca juga: Tips Cucian Kering di Musim Hujan

cek Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube