Sehabis membeli baju baru, terkadang ada rasa was-was dan mencari cara agar baju tidak luntur saat dicuci. Sehingga harus diperhatikan dalam mencuci baju agar tidak terkena luntur warna. Baju yang berpotensi luntur biasanya adalah baju berbahan katun dengan warna yang terang, dan yang paling sering terjadi luntur pada bahan batik. 

Jika baju yang dicuci terkena luntur otomatis baju yang lain juga akan terkena dampaknya. Hal ini tentu akan berakibat warna baju yang terkena luntur jadi tidak bagus lagi di lihat. Untuk itu, perlu diantisipasi agar baju yang kita cuci tidak terkena luntur.

Cara mencuci baju agar tidak luntur

1. Mencuci baju berwarna gelap bersamaan

Anda dapat mencuci pakaian yang berwarna gelap secara bersamaan. Baju berwarna gelap bisa berwarna hitam, biru dongker, atau coklat tua.

2. Membalik Pakaian sebelum dimasukan ke Mesin Cuci

Cara ini dapat anda lakukan sebelum anda memasukan baju kedalam mesin cuci. Baju yang dibalik terlebih dahulu akan mengurangi potensi terkenanya lunturan dari baju lain. Sehingga, jika terkena luntur bukan bagian depan yang terkena tetapi bagian dalam baju.

3. Membaca label pada pakaian

Hal ini sering terjadi apabila anda membeli baju baru. Biasanya anda tidak memperhatikan label baju yang terdapat di bagian dalam baju. Padahal terdapat tulisan bagaimana cara mencuci yang baru dibeli secara tepat. Sehingga, anda perlu memperhatikan label pada pakaian.

4. Jangan isi mesin cuci terlalu banyak

tidak luntur

Terkadang anda akan memasukan banyak baju ke dalam mesin cuci agar semua baju dapat bersih sekaligus. Padahal cara ini dapat membuat baju yang dicuci kurang bersih. Selain itu, hal ini juga sangat berpengaruh untuk membuat baju lain terkena luntur. Sehingga anda perlu membatasi baju yang ingin anda cuci agar jangan sampai terlalu penuh.

5. Berikan sedikit cuka

Tidak Luntur

Anda dapat memberikan sedikit cuka dalam larutan air yang bercampur dengan air yang sudah diberikan deterjen. Kemudian masukan pakaian kedalam campuran air dan cuka Biarkan pakaianmu terendam selama 5 menit lalu bilas. Cara ini akan membantu menjaga agar pakaian hitam tidak memudar.

6. Gunakan air dingin

Gunakanlah air dingin untuk mencuci baju anda, hal ini juga akan membuat baju tidak luntur, warna baju akan tetap terjaga warnanya. 

7. Gunakan pelembut pakaian

Selain memberikan keharuman pada pakaian anda, pelembut pakaian juga dapat mengatasi baju tidak luntur warnyanya. Cairan ini akan memberi kelembutan pada serta pakaian yang hasilnya dapat mencegah warna memudar. Sehingga akan mempertahankan warna asli pada pakaian. 

8. Jangan jemur di sinar matahari langsung

Tidak Luntur

Menjemur pakaian langsung dibawah sinar matahari tentu sering dilakukan agar pakaian yang dijemur cepat kering. Namun, hal ini dapat mengubah warna asli baju anda menjadi pudar atau hilang. Sehingga, anda perlu memperhatikan proses penjemuran agar pakaian tidak luntur warnanya.

Karena sinar matahari memberi efek yang dapat memudarkan warna baju. Mengeringkan pakaian akan lebih baik dilakukan dengan udara saja, karena warna pakaian akan tetap terjaga dan membantu warna baju tidak luntur, selain itu keharuman baju yang sudah dicuci juga tidak akan hilang. 

Itulah 8 cara mencuci agar baju tidak terkena luntur. Anda tidak perlu khawatir lagi warna baju anda memudar akibat warna luntur, serta baju anda yang lain juga akan terhindar dari warna luntur yang kerap terjadi ketika sedang mencuci pakaian. Anda juga perlu memperhatikan cara mengeringkan pakaian yang baik yaitu dengan pengering udara secara alami, agar warna pakaian anda tetap terjaga.

Baca juga: Anti Kusam! Begini Cara Mencuci Jeans Agar Awet

Baca juga: Langkah Tepat Merawat Batik!

Cek juga Youtube kami: Saku Laundry | Youtube