Perlu diperhatikan dalam merawat baju bayi. Umumnya baju bayi cukup rentan untuk dicuci karena bahan baju bayi dengan baju orang dewasa memiliki perbedaan kain. Baju bayi memiliki kain yang lebih lembut. Sehingga, jika mencuci dengan tidak benar akan mengakibatkan baju mudah rusak hingga tidak bisa dipakai kembali. Hal-hal yang perlu diperhatikan bisa berupa pilihan detergen dan pelembut pakaian.

Sebaiknya menggunakan detergen dan pelembut pakaian khusus untuk merawat kain pada baju bayi. Karena tidak hanya baju, tetapi kulit bayi juga sensitif. Jika kain baju rusak, maka akan berakibat bayi tidak nyaman sehingga membuat kulit bayi menjadi kemerahan atau iritasi. Anda dapat melakukan beberapa cara berikut sebagai referensi. 

Cara Merawat Baju Bayi yang Tepat

  • Mencuci Baju yang Baru Dibeli

Setelah membeli pakaian baru, biasanya kita akan langsung menggunakannya karena belum dipakai dan dirasa belum kotor. Padahal kita tidak tahu pasti dari proses panjang pembuatan pakaian, sampai ada di tangan kita, apakah baju baru yang kita beli dalam keadaan bersih atau tidak. Khususnya pada baju bayi, kulit bayi lebih sensitif daripada kulit orang dewasa. Untuk menghindari kemungkinan baju baru kotor atau terkena kuman, ada baiknya untuk mencuci terlebih dahulu baju yang baru dibeli.

  • Cucilah Baju Sesuai dengan Jenis Bahannya

membersihkan baju bayi

Ada berbagai macam kain untuk baju bayi, seperti bahan sutra atau wol. Untuk merawat baju bayi juga perlu diperhatikan cara mencuci sesuai bahannya. Karena tidak semua bahan dapat dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Jadi, lihatlah label pada baju dan sesuaikanlah cara mencucinya.

Saat ini mesin cuci terus berinovasi, salah satunya adalah dengan menyediakan fitur untuk mencuci khusus untuk baju bayi. Sehingga anda dapat menggunakan mode ini untuk merawat baju bayi. Dengan begitu, pakaian bayi yang dicuci sesuai bahannya menjadi lebih awet. 

  • Memilih Deterjen yang Khusus Untuk Pakaian Bayi

Detergen khusus pakaian bayi pada umumnya bersifat cair. Hal ini dibuat untuk membuat kelembutan baju bayi tetap terjaga. Detergen yang baik untuk si Kecil adalah yang tidak mengandung paraben, sehingga tidak menyebabkan iritasi.

Selain itu, carilah detergen yang mengandung bahan-bahan alami yang aman untuk kulit bayi serta menjaga pakaian bayi tetap lembut. Maka dari itu, penggunaan detergen pakaian bayi akan menghindari kemungkinan kulit bayi menjadi iritasi.

  • Membilas Baju Hingga Bersih

Proses mencuci yang bersih juga penting, khususnya pada saat membilas baju bayi untuk memastikan sabun atau detergen tidak ada yang menempel lagi. Setelah memastikan baju bayi dicuci dan dibilas dengan bersih maka selanjutnya masukan pakaian tersebut ke alat pengering.

untuk proses pengeringan baju bayi yang sudah dicuci, anda juga dapat menjemur dibawah sinar matahari langsung agar pakaian cepat kering sekaligus membunuh kuman yang masih tertinggal pada baju bayi. Namun, akan lebih baik jika anda mengeringkannya dengan cara mengangin-anginkannya saja.

  • Segera Bersihkan Baju Apabila Kotor atau Terkena Noda

Baju bayi terkena noda seperti makanan tumpah, atau muntah dan juga kotoran menempel di celana bayi, maka segeralah untuk mencucinya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi potensi noda menjadi susah hilang. Anda juga perlu melakukan penggantian pakaian secara rutin.

Jika pakaian kotor, segeralah ganti dengan pakaian yang sudah dicuci. Sehingga bayi akan tetap terasa nyaman dan dapat beraktivitas dengan leluasa tanpa takut terjadi iritasi pada kulit bayi. karena merawat baju bayi juga tidak kalah penting untuk dilakukan.

Noda yang menempel sudah terlalu lama menempel maka akan mengakibatkan sulitnya noda keluar. Sehingga baju bayi juga akan terlihat lebih kusam. Merawat baju bayi kuncinya terletak pada proses pencucian yang bersih dan juga tepat.

Pakaian yang dicuci kurang bersih akan menyebabkan berkumpulnya kuman baru yang nantinya akan menyebabkan kulit bayi menjadi kemerahan atau iritasi. Maka dari itu, pencucian yang maksimal dalam merawat baju bayi sangatlah penting.

 

Baca juga: Cara Mudah Mencuci Boneka untuk Si Kecil!

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian Anti Bakteri

Cek juga Youtube kami: Saku Laundry | Youtube