Boneka seakan tidak dapat terlepas dari anak perempuan. Kebanyakan menimbun boneka akan berakibat kotor. Untuk itu mencuci boneka sangat penting untuk menghindari si kecil dari debu atau kuman yang menempel pada boneka yang diletakan begitu saja. Selain itu, mencuci boneka juga dapat membuat tampilan boneka menjadi seperti baru kembali.  

Bagaimanakah cara yang benar dan tepat untuk mencuci boneka si kecil agar tampak baru dan menarik kembali bersih lagi? berikut ulasannya untuk anda.

Cara-cara Mencuci Boneka

  • Periksa Kelengkapan Boneka

Anda dapat mengecek kelengkapan pada boneka anda seperti baju, hidung, mata dan sebagainya pada boneka, jika keadaan rusak anda dapat memperbaikinya terlebih dahulu sebelum anda cuci.

  • Pisahkan Aksesoris pada Boneka

Pisahkan aksesoris yang menempel pada boneka. Lalu, gunakan deterjen cair, anda juga dapat menggunakan sabun mandi atau shampo untuk mencuci aksesoris pada boneka hingga bersih. Cara mencuci anda dapat merendam boneka terlebih dahulu dengan air sabun dengan catatan jangan terlalu lama, untuk menghindari bau yang tidak sedap.

  • Bersihkan debu pada boneka

mencuci boneka

Karena terlalu lama diletakan atau terbiasa dimainkan akan memicu menempelnya debu pada boneka, untuk itu, sebelum anda mencuci boneka dengan air, gunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu-debu yang menempel. Agar pada saat proses mencuci lebih cepat bersih.

  • Cara mencuci Boneka dengan Mesin cuci

mencuci boneka

Masukkan boneka dan aksesorisnya ke dalam kantong cuci atau sarung bantal, pakailah detergen cair dan pilih pengaturan cuci delicate (dengan lambang baju bayi) atau handwash (dengan lambang tangan) dengan air dingin biasa. Hindari menggunakan air panas agar bahan boneka tidak rusak.

Pastikan anda tidak mencuci boneka dengan cucian lain yang berwarna, hal ini untuk menghindari adanya noda luntur. Jangan lupa untuk membilas pakaian tersebut, anda dapat menggunakan pengharum dan pelembut pakaian agar boneka yang dicuci menjadi harum. Setelah proses mencuci sudah selesai, anda dapat mengeringkan boneka di mesin pengering.

  • Proses pengeringan boneka

mencuci boneka

Gunakan handuk kering untuk menyerap kelebihan air pada boneka selesai dicuci, Bungkuskan handuk pada boneka, lalu tekan-tekan untuk mengeluarkan airnya. Hindari memelintir boneka untuk memerasnya. Jangan lupa untuk mengatur bulu-bulu boneka selagi masih basah.

Lalu jemur dengan cara diangin-anginkan atau terkena sinar matahari langsung agar boneka yang dicuci lebih cepat kering dan tentunya akan terhindar dari bau apek karena bahan yang tebal pada boneka.

Demikianlah cara untuk mencuci boneka si kecil agar bersih seperti baru lagi. Masa pandemi seperti saat ini kita harus lebih ekstra lagi dalam merawat dan menjaga kebersihan keluarga. Agar terhindar dari kuman dan virus yang dapat menempel dimana saja. 

Jika anda tidak ingin repot mencuci boneka sendiri, anda dapat mempercayakan jasa laundry, selain praktis, mencuci barang-barang besar seperti boneka akan lebih bersih karena tempat laundry menggunakan mesin khusus untuk mencuci untuk mencuci barang-barang khusus dan besar. Tidak hanya boneka, karpet pun juga dapat dicuci di tempat laundry. 

Untuk urusan laundry, gunakan aplikasi kasir Saku laundry, Aplikasi berbasis android pertama di Indonesia yang terlengkap dan terpercaya untuk menjalankan operasional bisnis laundry anda. Semua menjadi lebih mudah dan praktis serta aman dan nyaman.

Anda juga dapat mengontrol kegiatan laundry yang sedang berjalan dimana saja dan kapan saja. Semua tersedia hanya dengan satu aplikasi. Saku laundry, aplikasi cerdas berbasis android untuk memudahkan bisnis laundry anda.

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian Anti Bakteri

Baca juga: Jangan Asal! Ini Cara Merawat Baju Bayi

Cek Youtube Saku Laundry: Aplikasi Saku Laundry | Youtube