Apa saja fungsi tombol mesin cuci? Mungkin, sebagian dari anda terkadang bingung untuk mencuci di mesin cuci karena memiliki banyak sekali tombol untuk mengoperasikannya. Bagaimana cara mencuci, membilas, dan mengeringkan pakaian. Bahkan ada perbedaan yang signifikan untuk mencuci pakaian dengan jenis bahan tertentu.

Perkembangan teknologi kian beragam. Mesin cuci dapat anda gunakan untuk mencuci sesuai jenis pakaian dari yang lembut hingga yang tebal dan berbahan lebih keras sekalipun. Semua terdapat pada panel atau tombol yang ada di bagian atas mesin cuci.

Namun, tak jarang anda mengalami kesulitan dalam memilih tiap fungsi tombol mesin cuci. Karena, setiap bahan dan jenis baju dapat anda ubah sesuai kebutuhan yang anda ingin gunakan. Berikut akan kami bahas fungsi tombol mesin cuci.

Penjelasan Fungsi Tombol Mesin Cuci

  • Tombol untuk Menghidupkan – Power

Setelah memastikan kabel telah terpasang dengan benar. Langkah pertama yang akan anda tekan pada tombol mesin cuci adalah Power. Tombol ini juga sama dengan untuk menghidupkan mesin cuci. Sehingga jika anda ingin menyalakan atau mematikan mesin cuci anda cukup dengan menekan tombol ini.

  • Tombol Pause / Jeda

Fungsi Tombol Mesin Cuci

Tombol mesin cuci ini digunakan untuk menjeda atau menghentikan proses mencuci untuk beberapa saat. Tombol ini juga dapat digunakan ketika anda mungkin lupa untuk memasukan baju lain atau ingin menuangkan pewangi pada saat membilas pakaian.

Perlu anda perhatikan juga pada saat mesin cuci sedang bekerja, hindari untuk membuka mesin cuci secara tiba-tiba, sehingga anda dapat menggunakan tombol ini untuk menjeda proses mencuci dan membuka mesin cuci.

  • Tombol Water Level

Fungsi Tombol Mesin Cuci

Fungsi tombol mesin cuci yang satu ini digunakan ketika anda ingin menentukan jumlah atau volume air yang masuk di dalam mesin cuci. Meskipun mesin cuci sudah di desain sedemikian mungkin untuk memasukan volume atau level air secara otomatis.

  • Tombol Wash

Fungsi tombol mesin cuci untuk wash merupakan tombol untuk mencuci pakaian anda. Cukup dengan memasukan deterjen ke dalam laci deterjen pada mesin cuci dan klik wash, maka air akan otomatis mengisi tabung, kemudian memulai proses mencuci secara otomatis.

  • Tombol Soak

Fungsi Tombol Mesin Cuci

Tombol soal digunakan jika anda ingin merendam cucian di mesin cuci untuk waktu yang sudah ditentukan. Sehingga proses mencuci akan lebih mudah untuk mengangkat kotoran dan pakaian yang dicuci akan menjadi lebih bersih.

  • Tombol Rinse

Fungsi tombol mesin cuci ini digunakan untuk membilas pakaian yang sudah dicuci. Anda juga dapat menentukan berapa kali anda ingin membilas baju yang sudah dicuci untuk menghilangkan busa yang menempel pada pakaian.

  • Tombol Spin

Fungsi Tombol Mesin Cuci

Spin merupakan tombol untuk mengeringkan pakaian anda. Setelah melalui proses mencuci dan membilas pakaian, anda dapat mengeringkan baju tersebut untuk dikeringkan. Kemudian anda dapat menjemur pakaian seperti biasa.

  • Tombol Prewash

Tombol ini digunakan jika anda ingin hasil yang lebih maksimal dalam proses pencucian. Sehingga anda dapat menggunakan tombol ini untuk mencuci dua kali sebelum pencucian utama.

  • Tombol Hand Wash

Tombol ini dapat anda gunakan ketika anda ingin mencuci pakaian dengan kain yang lebih lembut. Contohnya pakaian bayi atau kain lembut lainnya.

  • Tombol Outdoor

Fungsi dari tombol ini digunakan ketika ingin mencuci pakaian yang kedap air. Contohnya jas hujan atau jaket yang tahan air (water resist).

  • Tombol Economy

Fungsi Tombol Mesin Cuci

Tombol ini dapat digunakan untuk anda yang memiliki masalah air kecil, atau bagi anda yang ingin menghemat air. Dapat juga digunakan untuk pakaian yang tidak terlalu kotor.

  • Tombol Daily

Tombol ini juga dapat anda gunakan untuk pakaian sehari-hari yang tidak terlalu kotor. Daya mesin yang digunakan tidak akan sekuat mencuci pada pakaian yang kotor pada umumnya.

  • Tombol Cotton, wool, synthetic, dan delicates (katun, wol, sintetis, dan bahan lembut)

Fungsi Tombol Mesin Cuci

Panel ini dapat mencuci sesuai kebutuhan anda sesuai dengan bahan pada baju yang akan dicuci. 

Demikianlah penjelasan mengenai tombol mesin cuci yang biasa kita gunakan. Sekarang anda dapat membedakan setiap fungsi tombol mesin cuci yang anda miliki. namun, setiap mesin cuci memiliki panel yang berbeda-beda, sehingga anda perlu lebih teliti lagi agar baju yang dicuci sesuai dengan pengaturan mesin cuci yang tersedia pada panel.

Baca juga: Penting! 5 Cara Praktis Membersihkan Mesin Cuci

Baca juga: Tips Memilih Jenis Detergen Bubuk Atau Cair

Cek juga Youtube kami: Saku Laundry | Youtube