Mesin cuci yang sering digunakan ternyata berpotensi untuk kotor jika anda tidak membersihkan mesin cuci, terutama di bagian dalam. Meskipun digunakan untuk mencuci baju secara terus menerus bukan berarti mesin cuci juga ikut bersih. Noda atau serat-serat pada pakaian yang akan dicuci memungkinkan untuk ikut menempel.

Untuk itu, perlu dibersihkan untuk menghindari bertumpuknya kotoran. Karena mesin cuci yang kotor dapat mengakibatkan baju yang dicuci menjadi kurang bersih. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini, pakaian yang kita gunakan ke luar rumah mungkin saja terkena kuman. Sehingga kita harus lebih ekstra lagi dalam menjaga kebersihan, untuk menghindari virus Covid-19.

Rutin membersihkan mesin cuci akan membuat pakaian yang anda cuci menjadi lebih bersih dan menghindari kuman-kuman menempel pada pakaian yang akan dicuci. Sehingga anda dapat memastikan kebersihan pakaian yang anda cuci di masa Pandemi COVID-19 saat ini.

Cara yang Praktis untuk membersihkan Mesin Cuci

1. Membersihkan Sisa-sisa Detergen Setelah Selesai Mencuci Pakaian

Bersihkan lah secara rutin sisa-sisa detergen atau noda berwarna akibat terkena luntur pakaian setelah mencuci. Karena jika dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama, akan menyebabkan timbulnya kerak dan karat pada bagian-bagian tertentu dari mesin cuci. Disatu sisi juga akan membuat mesin cuci menjadi rusak.

Selain itu, kotoran yang menempel akan berputar-putar saja di dalam tabung. Membersihkan bagian dalam mesin cuci dapat dilakukan dengan cara menuangkan air panas dan membiarkannya selama kurang lebih Tujuh sampai Sepuluh menit. kemudian keluarkan air dari mesin cuci.

2. Membersihkan Tabung Bagian Dalam dengan Cairan Pemutih

Membersihkan Cuci Bersih

Selain menggunakan air panas untuk membunuh kuman, membersihkan tabung bagian dalam mesin cuci dengan cairan pemutih juga dapat dijadikan pilihan. Jika bagian dalam mesin cuci bernoda, pemutih klorin dapat menghilangkannya. Cairan pemutih juga dipercaya dapat membunuh kuman. Sehingga kotoran dan kuman yang menempel dapat hilang.

3. Membersihkan Laci Tempat Menaruh Detergen

membersihkan mesin cuci

Perhatikan juga Laci deterjen saat anda membersihkan mesin cuci. Laci deterJen sering kali kotor setelah pemakain. Sisa-sisa detergen sering kali masih menempel di bagian laci. Cara membersihkan cukup dengan membilasnya dengan air saja sampai semua detergen yang menempel hilang.

Tetapi, apabila laci sangat kotor, gunakan pembersih serbaguna atau larutan cuka dan air. Lalu gosok perlahan menggunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan sisa-sisa deterjen yang membandel, dan kotoran lain yang menempel pada laci mesin cuci. 

4. Bersihkan Bagian Filter Mesin Cuci

membersihkan mesin cuci

Sering kali terjadi penyumbatan pada bagian filter. Biasanya akan terdapat serat-serta kain atau kotoran lainnya yang terbawa pakaian. Filter inilah yang mengambil semua kotoran tersebut.

Cara membersihkannya dengan menarik filter yang ada dalam tabung mesin cuci, kemudian mengeluarkan isi yang ada di dalam filter tersebut. Kemudian pasang kembali filter pada tabung mesin cuci.

5. Bersihkan Bagian Luar Mesin Cuci

Terakhir adalah dengan membersihkan bagian luar atau body mesin cuci. Cara membersihkannya cukup mudah, hanya dengan mengelap permukaan luar untuk menghilangkan noda-noda yang menempel diluar. Sehingga menjadi bersih luar dan dalam.

Namun, perlu diperhatikan ketika ingin membersihkan mesin cuci panel atau tombol pada mesin cuci. Pastikan bagian panel tidak terkena air selama proses pembersihan. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya korsleting pada mesin cuci.

Itulah cara praktis untuk membersihkan mesin cuci agar lebih bersih. Karena, tanpa kita sadari akibat sering digunakan, kuman, kotoran, serat-serat kain dan sebagainya menumpuk. Jadi bersihkanlah mesin cuci secara rutin. Membersihkkan mesin cuci juga sangat dianjurkan dalam bisnis laundry, karena mesin cuci berkerja secara terus menerus untuk mencuci berbagai macam baju dari pemilik yang berbeda-beda.

Hal ini tentu untuk menghindari kuman, virus dan kotoran lainnya yang mungkin saja menempel di mesin cuci setelah menggunakannya. Untuk bisnis Laundry yang lebih aman dan nyaman, gunakan Saku Laundry aplikasi berbasis android yang mudah dan praktis dalam berbisnis laundry.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Tinta Membandel

Baca juga: Tips Memilih Jenis Detergen Bubuk Atau Cair

Cek juga Youtube kami: Saku Laundry | Youtube