Ketika anda memutuskan untuk membuka bisnis laundry, Anda perlu mempertimbangkan untuk memilih jenis detergen yang bubuk atau yang cair menjadi pertimbangan anda. Mulai dari segi harga, penggunaan dan lain sebagainya. 

Harga menjadi hal yang cukup penting untuk dipertimbangkan. Namun, disatu sisi anda perlu memikirkan kualitas yang dihasilkan deterjen yang anda gunakan. Intensitas busa juga menjadi pertimbanga, seberapa banyak busa yang dihasilkan dari deterjen yang digunakan.

Anda perlu mempertimbangkan dan memilih jenis detergen mana yang terbaik untuk digunakan pada usaha laundry anda. Karena kedua jenis detergen ini memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Lantas yang mana yang harus anda pilih antara kedua detergen ini?

Keunggulan dan Kelemahan Deterjen Bubuk

memilih jenis detergen

  • Harga yang lebih terjangkau

Harga selalu menjadi salah satu pertimbangan yang cukup penting dan umum dalam membeli suatu barang, harga yang ditawarkan deterjen bubuk lebih murah daripada detergen cair. Sehingga detergen bubuk memiliki nilai yang lebih ekonomis dibanding detergen cair.

  • Mampu mengangkat noda kotor dari luar ruangan

Kandungan pada detergen bubuk memiliki zat Surfaktan yang cukup kuat, yang mana zat ini mampu membantu untuk mengangkat kotoran yang menempel pada pakaian. Hal ini sangat bermanfaat untuk melaundry pakaian customer yang kotor.

  • Pada dasarnya kandungannya lebih stabil dan tahan lama

Kandungan yang lebih stabil dan tahan lama disini bermaksud bahwa kandungan aktif pada detergen bubuk memiliki kandungan yang lebih stabil sehingga lebih awet, asalkan cara penyimpanannya sudah sesuai intruksi atau anjuran yang tertera dalam kemasan.

Kelemahan dari detergen ini adalah mudah membuat warna pakaian luntur, apalagi jika anda menggunakan deterjen bubuk melebihi ketentuan yang dianjurkan. Kesalahan umum dan yang paling sering terjadi dari detergen ini adalah serbuk mudah menempel pada pakaian yang sedang dicuci. 

Selain itu, mudah meninggalkan kerak di mesin cuci yang membuat mesin cuci menjadi kotor. Detergen bubuk juga tidak cocok bagi anda yang memiliki kulit yang sensitif karena dapat menimbulkan alergi. Detergen ini dinilai kurang praktis terutama dari segi melarutkannya. Anda juga perlu memperhatikan penyimpanan usahakan meletakkannya di tempat yang kering.

Keunggulan dan Kelemahan Detergen Cair

memilih jenis detergen

  • Ampuh mengatasi noda minyak yang menempel

Bahan dasar detergen ini cair hampir mirip seperti air namun kental, kandungan seperti ini akan memudahkan anda dalam mencuci pakaian yang terkena noda minyak yang menempel. Ketika anda ingin memilih jenis detergen, pastikan detergen yang anda pilih sesuai kebutuhan

  • Lebih aman digunakan untuk kulit sensitif

Formula pada detergen cair lebih ramah bagi jika terkena kulit khususnya yang memiliki tangan yang sensitif, karena zat yang ada didalam detergen cair tidak terlalu kuat sehingga lebih aman dan ringan jika terkena tangan, tidak seperti deterjen bubuk yang jika terkena tangan terkadang terasa panas.

  • Cocok untuk serat kain yang halus

Karena tekstur pada deterjen ini lebih cair, sehingga lebih mudah dan lebih ringan untuk mencuci kain yang halus. Oleh karena itu, deterjen untuk baju bayi biasa dijual dalam bentuk cair, agar detergen lebih mudah menyerap kain atau pakaian yang ingin dicuci.

  • Lebih efisien untuk digunakan

Pastikan anda mencari referensi  dalam memilih jenis detergen, salah satunya mencari keunggulannya. Menggunakan detergen cair memiliki kelebihan lebih praktis karena memiliki kandungan yang lebih elastis sehingga lebih mudah untuk digunakan lebih dan lebih praktis dari botol sehingga mencegah tumpah.

  • Deterjen cair lebih mudah larut

memilih jenis detergen

Karena sifatnya yang cair, sehingga detergen jenis ini lebih mudah larut dan tidak perlu menunggu waktu lama untuk melarutkan deterjen jenis ini kedalam air yang akan digunakan untuk mencuci pakaian.

Kelemahan dari detergen ini adalah tidak cocok digunakan bersamaan dengan pemutih karena pemutih mengandung zat kimia yang kuat dan tidak baik untuk digunakan bersamaan dengan detergen cair. Wangi deterjen tidak tahan lama. Serta harga yang lebih mahal.

Itu dia tips bagi anda yang bingung memilih jenis detergen yang tepat dalam proses bisnis laundry yang anda jalankan. Jika anda sudah mengenal kelemahan dan keunggulan dari masing-masing detergen, tinggal anda yang memutuskan lebih baik dan cocok memilih jenis detergen yang mana. Selamat Mencoba!

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Tinta Membandel

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian Anti Bakteri

Cek juga Youtube kami: Saku Laundry | Youtube