Proses menyetrika pakaian memang terkadang susah-susah gampang. Sehingga bisnis laundry menyediakan setrika saja. Namun perlu diperhatikan ada cara menyetrika pakaian yang harus anda ketahui jenis bahan.

Jika anda asal menyetrika tanpa mengetahui jenis bahan yang akan disetrika, bisa-bisa pakaian anda malah menjadi rusak dan tidak dapat digunakan lagi. Karena setiap bahan pada pakaian memiliki jenis dan serat kain yang berbeda-beda pula.

Cara perawatan terutama menyetrikanya pun juga memiliki treat khusus dan memiliki caranya masing-masing. Berikut ini merupakan penjelasan bagaimana cara menyetrika pakaian yang tepat sesuai bahan pada pakaian.

Langkah-langkah Menyetrika Pakaian Sesuai Jenis Bahannya

  • Pakaian dengan bahan beludru

menyetrika pakaian

Bahan beludru memiliki bahan kain tenunan berbulu. Kainnya ini juga terasa lembut saat disentuh. Kain ini memang memiliki banyak jenis warna dan dapat dimodifikasi dan dibuat dengan serat sintetis maupun alami.

Untuk merawatnya pun perlu diperhatikan. Pakaian berbahan beludru memiliki bahan yang cenderung lembut, sehingga untuk proses menyetrika sebaiknya disetrika di bagian dalam saja, agar bulu-bulu pada kain tetap terjaga.

  • Bawahan rok yang memiliki lipatan

menyetrika pakaian

Rok merupakan salah satu jenis bawahan yang sering digunakan oleh kaum wanita dalam segala aktivitasnya. Kebutuhan penggunaan rok meningkatkan semangat para produsen untuk terus melakukan inovasi yang bervariatif dan unik untuk memberi sentuhan yang berbeda pada rok.

Saat ini contohnya, musim rok lipit atau plisket sering kita jumpai. Mulai dari harga yang murah, terjangkau hingga yang memiliki harga yang cukup tinggi. Hal ini juga dipengaruhi dari kualitas bahan yang digunakan. Sehingga memiliki harga yang bervariatif.

Untuk merawatnya pun perlu diperhatikan, karena lipatan pada rok dapat hilang dan tidak akan seperti semula lagi. Proses menyetrika anda dapat menggunakan jepitan di setiap lipatanya, namun hindari menyetrika tepat di atas jepitan. Mulai lah setrika rok dari atas ke bawah.

  • Baju berbahan damask

menyetrika pakaian

Kain berbahan damask merupakan jenis kain yang memiliki corak atau motif yang beragam karena adanya tahapan tenunan jacquard. Awalnya kain damask berasal dari kain wol, sutra, dan katun. Kain ini juga memiliki motif yang diproses cukup rumit.

Karena proses serta kain tenunan yang dibuat secara detail, tentu ada kiat khusus dalam merawat jenis kain yang satu ini. salah satunya adalah pada saat anda ingin menyetrika pakaian dengan kain damask. Anda dapat menyetrika bagian dalam kain. Karena jika anda menyetrika bagian luarnya, kain akan menjadi mengkilat.

  • Gaun atau baju yang memiliki payet

menyetrika pakaian

Ada beragam pakaian yang memiliki payet pada kainnya. Mulai dari kebaya, gaun panjang, dress pesta, hingga saat ini juga kerap kali digunakan sebagai aksesoris pada bagian atas masker untuk melindungi diri selama masa pandemi dari virus Covid-19.

Ada banyak penggunaan payet untuk memperindah tampilan bahan baik untuk pakaian atasan, bawahan dan aksesoris tambahan lainnya. Proses pembuatan pakaian berpayet juga memiliki kesulitan tersendiri, karena memiliki tekstur bahan yang rumit.

Untuk itu, cara merawat pakaian yang memiliki payet perlu diperhatikan dari mulai mencuci, menjemur hingga proses menyetrikanya. Proses menyetrika pakaian dapat anda lakukan dengan cara memberi alas terlebih dahulu dengan kain sebelum pakaian berpayet menyentuh langsung setrika. Usahakan juga untuk tidak menekan-tekan saat menyetrika.

  • Bahan katun dan linen

Bahan katun merupakan bahan yang sering kita temui pada pakaian maupun bawahan. Sama halnya dengan linen, biasanya kita temukan pada bahan taplak, gorden, bantal, dan sebagainya. Bahan linen sendiri terbuat dari serat rami. 

Jenis bahan ini rentan kusut. Sehingga kedua bahan ini memerlukan perlakuan khusus dalam menyetrikanya. Caranya adalah percikan sedikit air, lalu gulung dan tunggu hingga kurang lebih 1 jam. Kemudian setrikalah kain searah dengan serat kain.

Beberapa bahan memang memiliki teknik khusus dalam perawatannya, salah satunya adalah proses menyetrika pakaian. Dengan merawat pakaian dengan baik dan benar, tentu anda dapat memperpanjang masa penggunaan pakaian anda.

 

Baca juga: Hemat Listrik? Berikut Langkah Menyetrika

Baca juga: Tips Cucian Kering di Musim Hujan

Cek juga Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube