Apa saja langkah-langkah yang dilakukan agar dapat hemat listrik ketika menyetrika? Menyetrika merupakan pekerjaan yang cukup menyita waktu, tenaga dan juga biaya. Watt yang tinggi saat menyetrika terkadang menjadi alasan mengapa biaya listrik naik.

Di satu sisi, menyetrika pakaian sangat dibutuhkan apalagi setelah dicuci yang mana akan terlihat lebih kusut karena diperas ataupun setelah masuk ke mesin pengering. Untuk itu, anda perlu memperhatikan proses menyetrika pakaian agar biaya listrik dapat diminimalisir. Sehingga tidak ada lonjakan naik pada saat anda akan menyetrika pakaian, anda juga dapat mengeluarkan uang untuk keperluan lain.

Langkah-langkah Menyetrika Hemat Listrik

1. Menyiapkan Segala Kebutuhan untuk Menyetrika

Hemat Listrik

Untuk menghemat waktu dan listrik, persiapan perlu dilakukan. Dengan tidak terlalu lama membiarkan setrika menyala sembari mengambil pakaian yang ingin di setrika. Pastikan semua sudah ada di sekitar anda untuk melakukan proses menyetrika.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan seperti, pakaian yang ingin disetrika, pelembut atau pelicin pakaian, dan tentunya menyiapkan papan atau alas setrika dan setrikanya. Sehingga, anda akan lebih menghemat waktu untuk menyetrika karena semua telah disiapkan dan tersedia.

2.  Mengatur Suhu Setrika Sesuai Bahan

Selain lebih menghemat listrik, hal ini juga bertujuan untuk menghindari kerusakan pada pakaian yang tidak bisa terkena suhu terlalu panas. Bahan kain yang tidak bisa terkena suhu terlalu tinggi contohnya adalah bahan wol, baju berbahan Jersey, bahan Polyester, dan beberapa kain Brokat.

Suhu rendah dapat digunakan pada saat ingin menyetrika pakaian rumahan, agar watt yang diambil tidak terlalu tinggi. Dengan mengecilkan suhu panas pada setrika akan lebih menghemat listrik selama proses menyetrika berlangsung. 

3.  Gunakan Setrika yang Hemat Energi

Hemat Listrik

Gunakan setrika dengan watt kecil. Pemilihan setrika yang hemat energi sangat berpengaruh untuk menghemat listrik. Pilihlah daya listrik yang kecil pada saat akan membeli setrika. Dengan begitu, anda akan menghemat listrik untuk menghindari biaya yang mahal akibat menyetrika pakaian.

Tanpa disadari penggunaan daya listrik pada setrika cukup banyak menguras watt, yang mana hal ini sangat berpengaruh pada bayaran perbulan listrik atau yang menggunakan token listrik. sehingga, penting untuk menghemat watt listrik pada saat menyetrika pakaian.

4.  Sesekali Bersihkan lah Permukaan Setrika

Hemat Listrik

Sering kali saat menyetrika, ada saja yang menempel pada permukaan setrika yang membuat lebih lama panasnya yang mana mengakibatkan terjadi lonjakan pemakaian daya listrik. Permukaan yang kotor pada setrika akan menghambat penghantar panas yang akan disetrika pada pakaian. hal ini juga akan membuat setrika menjadi rusak dan tidak dapat lagi digunakan.

5.  Menyetrika Bagian dalam Pakaian

Hemat Listrik

Menyetrika pada bagian dalam pakaian akan lebih mudah, karena lebih cepat rapi, sehingga lebih hemat listrik. Selain itu tentunya akan lebih menghemat waktu. Langkah ini dapat dilakukan untuk baju seperti kemeja atau baju yang memiliki resleting seperti jaket atau baju olahraga.

Pakaian dengan moel seperti ini akan lebih mudah dalam proses penyetrikaan bagian dalamnya karena dapat menjangkau bagian dalam atau punggung baju untuk disetrika. sehingga, menyetrika menjadi lebih cepat dan tidak mengerjakannya dua kali.

6.  Memanfaatkan Aluminium Foil pada Permukaan Setrika

Langkah yang satu ini mungkin terdengar sangat baru dan unik untuk proses menyetrika. Pada umumnya aluminium foil digunakan untuk kebutuhan dapur seperti untuk menghangatkan makanan di oven karena aluminium foil akan menghantarkan panas dengan baik.

Bisa juga untuk membungkus makanan agar lebih awet. Jadi, tidak perlu membolak balik pakaian saat menyetrika, kedua sisi sudah rapi secara otomatis. Sehingga proses menyetrika lebih praktis dan cepat.

Adapun pilihan cara lain untuk mengatasi biaya listrik naik dalam menyetrika pakaian adalah dengan menyetrika pakaian-pakaian untuk dirumah atau dalaman di akhir proses menyetrika. Setelah kabel sudah dicabut, permukaan pada setrika masih tetap panas selama beberapa menit.

Meskipun panas yang dihasilkan dari setrika tidak terlalu lama, tetapi tetap dapat dimanfaatkan untuk menyetrika pakaian seperti kaos. Dengan begitu, hal ini dapat dimanfaatkan untuk pakaian yang hanya digunakan didalam rumah.

Gunakan langakah-langkah diatas untuk menyetrika pakain formal atau pakaian bepergian. Nah itu dia langkah-langkah untuk menghemat listrik dalam menyetrika pakaian. Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan biaya listrik yang naik akibat menyetrika. 

Selamat mencoba!

Baca juga: Anti Kusam! Begini Cara Mencuci Jeans Agar Awet

Baca juga: 8 Tips Mencuci Baju Wangi Sepanjang Hari

Cek juga Youtube kami: Saku Laundry | Youtube