Pakaian berbahan sutra memiliki keunikan serta bahan yang cenderung lembut dan halus. Untuk itu dibutuhkan ketelitian  bagaimana mencuci baju sutra dengan baik dan benar. Agar pakaian sutra anda tetap terjaga dan awet.

Kain sutra merupakan salah satu bahan yang cukup digemari untuk berbusana karena memiliki jenis kain yang lembut dan nyaman saat digunakan. Tidak hanya pakaian, kain sutra juga sering kita jumpai pada bawahan seperti rok dan celana hingga dijadikan dasi dan hijab.

Ada beberapa cara yang perlu dicermati untuk mencuci baju sutra dan membersihkan noda yang menempel pada pakaian tersebut, karena kain sutra memiliki bahan yang sangat sensitif. Berikut ulasan bagaimana cara yang tepat untuk mencuci baju sutra anda.

Cara-cara terbaik untuk mencuci baju sutra 

  • Pilihlah deterjen yang aman 

mencuci baju sutra

Saat ini sudah banyak pilihan deterjen yang dapat anda gunakan sesuai dengan kebutuhan yang anda perlukan. Mulai dari deterjen khusus pakaian bayi, bahan batik, dan lainnya. Sehingga anda dapat menentukan pilihan deterjen yang aman baik baju sutra anda.

Anda dapat membaca keterangan pemakaian deterjen di belakang kemasan, apakah jenis deterjen ini dapat digunakan untuk mencuci pakaian berbahan sutra anda. Deterjen yang aman tentu tidak merusak serat pakaian.

  • Perhatikan apakah kain sutra luntur atau tidak

mencuci baju sutra

Sebelum masuk ke proses mencucinya, pastikan anda mengetahui apakah baju sutra anda luntur atau tidak. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya pakaian yang anda cuci bersamaan malah terkena luntur dari kain sutra.

Untuk memastikannya, anda dapat merendam terlebih dahulu pakaian berbahan sutra yang baru, kemudian lihatlah apakah bahan tersebut mengeluarkan warna atau tidak. Sehingga anda dapat menghindari pakaian lainya terkena luntur.

  • Hindari untuk menggunakan pemutih pakaian 

Pemutih pakaian memang ampuh untuk menghilangkan noda membandel pada pakaian, sehingga tak jarang banyak yang menggunakan cairan pemutih untuk menghilangkan noda di baju. Namun, cara ini sebaiknya tidak anda lakukan pada kain sutra anda.

Jika pakaian sutra terkena noda maka anda dapat menggunakan cara lain. Caranya, tekan-tekan noda dengan tisu yang sudah dibasahi, atau anda juga dapat menggunakan kain katun agar noda pada pakaian sutra hilang secara perlahan.

  • Perhatikan cara mencuci baju sutra dengan mesin cuci

mencuci baju sutra

Untuk cara mencucinya dengan menggunakan mesin cuci, pastikan kain sutra tersebut aman untuk masuk ke dalam mesin cuci. Kemudian masukan kain sutra dengan pakaian berwarna senada. Hindari memasukan pakaian yang memiliki aksesoris yang berat.

Lalu, masukan deterjen yang aman untuk mencuci baju sutra, kemudian pilih mode ‘Delicate‘, yang umumnya digunakan untuk mencuci pakaian berbahan halus seperti kain wol, katun, dan lain-lain. Kemudian anda dapat menggunakan temperatur rendah.

  • Usahakan tidak menggunakan mesin pengering 

mencuci baju sutra

Mesin pengering memiliki putaran yang cukup kencang dan tidak sebaiknya anda gunakan jika anda ingin mengeringkan pakaian berbahan sutra. Guncangan pada mesin cuci pada saat mengeringkan pakaian dapat merusak serat pakaian.

Sehingga anda dapat mengeringkan kain sutra dengan cara mengeringkannya dengan handuk kering. Setelah itu, anda dapat mengangin-anginkan pakaian berbahan sutra dengan cara menggantungnya. Hindari sinar matahari langsung ketika anda ingin menjemurnya.

Itulah tadi beberapa tips yang dapat anda lakukan ketika anda ingin mencuci baju sutra. Sehingga baju anda akan lebih awet dan tahan lama, serta anda juga tidak perlu takut baju sutra anda menjadi rusak. Semoga bermanfaat.

 

Baca juga: Berikut 5 Tips Mencuci Kaos Sablon Agar Awet

Baca juga: 8 Cara Mencuci Baju Agar Tidak Luntur

Cek Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube