Baju sablon miliki bahan yang cukup rentan rusak. Sehingga anda perlu mengatasinya dengan mencuci kaos sablon dengan cara terbaik. Kerusakan kain sablon dapat terjadi karena beberapa faktor yang disebabkan karena proses mencuci yang kurang tepat.

Sehingga tulisan sablon pada pakaian luntur dan hilang. Hal ini tak terkecuali untuk baju baru atau belum terlalu sering digunakan. Selain itu, masih ada beberapa faktor yang mungkin sering anda lakukan dalam mencuci kaos sablon.

Mencuci kaos sablon memang membutuhkan sedikit perawat khusus agar pakaian sablon anda tidak rusak dan dapat terlihat selalu bagus. Berikut merupakan ulasan mencuci kaos sablon dengan cara yang tepat dan benar.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Mencuci Kaos Sablon

1. Hindari menyikat baju kaos sablon

mencuci kaos sablon

Menyikat baju memang sangat membantu menghilangkan kotoran atau noda yang menempel. Namun, cara ini sebaiknya tidak anda lakukan untuk mencuci kaos sablon, karena sablonan pada pakaian anda akan memudar. 

Jika terdapat noda, anda dapat langsung mencucinya dengan meletakan deterjen di atas noda, kemudian kucek dan gosok secara perlahan hingga noda pada pakaian hilang dengan sendirinya.

2. Jangan merendam pakain sablon terlalu lama

mencuci kaos sablon

Jika anda ingin merendam pakaian sebelum mencuci kaos sablon, sebaiknya berikan waktu yang tidak terlalu lama. Merendam pakaian terlalu lama akan mengakibatkan pakaian yang direndam akan mengeluarkan bau apek.

Selain itu, koas sablon juga akan menjadi rusak. Sehingga jika anda ingin merendam kaos sablon sebelum dicuci untuk hasil mencuci yang lebih maksimal, berikan waktu sekitar 10 hingga 15 menit saja.

3. Usahakan untuk mencuci kaos sablon secara terpisah

Saat mencuci pakaian, hindari mencampur kaos sablon dengan pakaian lain. Khususnya kaos sablon yang memiliki warna putih. Karena dikhawatirkan akan terkena luntur pada pakaian lain. Selain itu, proses memilah baju atau memisahkan baju dapat memaksimalkan proses mencuci.

Sehingga baik kaos sablon maupun pakaian lain menjadi lebih bersih. Perhatikan juga penggunaan deterjen untuk mencuci kaos sablon, jangan terlalu berlebihan pada saat anda ingin mencuci kaos sablon.

Memberi terlalu banyak deterjen untuk mencuci, tidak akan membuat pakaian semakin bersih apabila anda menggunakan mesin cuci. Hal ini disebabkan karena jika deterjen terlalu banyak sisa-sisa busa yang menempel akan sulit hilang.

4. Perhatikanlah pada saat anda menjemurnya kaos sablon

mencuci kaos sablon

Membalik kaos sablon pada saat proses penjemuran setelah dicuci akan menghindari warna pudar pada kaos sablon. Sehingga akan lebih baik untuk membalik pakaian sebelum dijemur dibawah sinar matahari.

Sinar matahari secara langsung dianggap kurang baik untuk proses menjemur pada baju sablon. Hal ini disebabkan karena sinar matahari dapat membuat warna pakaian anda menjadi pudar. Ini juga berlaku untuk pakaian jenis lainnya.

Atau anda dapat menggunakan cara lain yaitu mengangin-anginkan kaos sablon yang sudah dicuci saja. Untuk proses pengeringan yang lebih cepat anda dapat melakukan proses dry pada mesin cuci dengan tenaga standar.

5. Perhatikan proses menyetrika kaos sablon

mencuci kaos sablon

Proses menyetrika juga sangat penting untuk anda perhatikan setelah selesai mencuci kaos sablon. Selain akan membuat kaos menjadi lebih rapi, menyetrika kaos sablon juga akan membuat kaos menjadi lebih tahan lama.

Pastikan kaos sablon benar-benar kering sebelum anda setrika, karena jika kaos masih lembab ketika anda setrika, kaos akan menjadi berbau apek dan tidak segar lagi. Untuk itu anda harus memastikan kaos dalam kondisi kering sebelum menyetrikanya.

Demikianlah 5 cara terbaik dalam mencuci kaos sablon agar kaos ada lebih awet dan tahan lama, serta selalu tampil baru setiap kali anda ingin menggunakannya. Selamat mencoba!

 

Baca juga: Tips Jitu Mencuci Baju Hitam Agar Tidak Pudar

Baca juga: Hindari 5 Penyebab Baju Bau Apek!

Cek juga Youtube kami: Saku Laundry | Youtube