Anda pasti menginginkan mesin cuci yang awet dan mencari cara yang tepat untuk mencegah mesin cuci rusak. Mesin cuci juga memerlukan perawatan secara rutin untuk menghindari kerusakan pada mesin cuci yang diakibatkan oleh beberapa faktor.

Anda dapat melakukan pengecekan sendiri untuk memastikan mesin cuci dalam keadaan yang masih baik untuk digunakan. Tak jarang, sebagian orang meletakan mesin cuci di tempat terbuka, dengan alasan mesin cuci akan mengeluarkan air, sehingga diletakkan di ruang terbuka. 

Sebaiknya anda tidak melakukan hal tersebut untuk mencegah mesin cuci rusak, agar body mesin cuci bagian luar tetap awet. Tempatkan mesin cuci di dalam rumah. Selain itu adapun langkah-langkah sederhana yang dapat anda lakukan sendiri untuk mengecek kondisi mesin cuci yang anda miliki.

Cara Mencegah Mesin Cuci Rusak

  • Membersihkan Mesin Cuci dari Sisa-sisa Deterjen

Sisa deterjen setelah mencuci dapat mengakibatkan kerak deterjen apabila dibiarkan di dalam mesin cuci. Untuk itu, Jika anda ingin mencegah mesin cuci rusak, anda perlu mengecek kembali dan memastikan bahwa tidak ada sisa deterjen menempel pada mesin cuci baik di dalam maupun di luar mesin cuci.

Tidak hanya deterjen, pewangi pakaian yang digunakan ketika membilas pakaian juga dapat menyebabkan tertinggalnya noda yang melekat pada mesin cuci. Untuk itu selain memperhatikan sisa deterjen anda juga perlu memeriksa kembali sisa pewangi pakaian.

  • Cek dan Bersihkan Selang Air pada Mesin Cuci

Selang tempat mengeluarkan air setelah mencuci, membilas dan mengeringkan pakaian juga dapat menyebabkan tertumpuknya bakteri karena kelembaban. Bahkan jika dibiarkan terus-menerus akan mengakibatkan tumbuhnya lumut di dalam selang.

Untuk itu anda juga harus membersihkan selang mesin cuci untuk mengeluarkan air. Caranya, anda dapat mengaliri air sabun kemudian membilasnya dengan air bersih. Atau anda dapat menggunakan sikat kecil untuk menyikat bagian dalam selang yang masih dapat dijangkau. 

  • Membersihkan Filter Mesin Cuci

mencegah mesin cuci rusak

Filter yang terletak di dalam mesin cuci dapat anda buka dan bersihkan. Caranya adalah dengan mengeluarkan isi filter lalu anda dapat menggunakan sabun untuk membersihkan sisa kotoran yang menempel. Kemudian pasang kembali filter tersebut.

  • Gunakan Klorin untuk Membersihkan Mesin Cuci

Jika anda ingin mencegah mesin cuci rusak, langkah ini ampuh untuk menghilangkan noda yang membandel pada mesin cuci. Jika mesin cuci anda bersih maka akan mencegah timbulnya kerusakan yang ditimbulkan karena mesin cuci yang kotor.

Caranya adalah dengan mencampurkan klorin dengan larutan deterjen. Tuang ke dalam mesin cuci. Atur mesin cuci ke mode mencuci biasa, biarkan air larutan klorin dan deterjen membersihkan mesin cuci, lalu buang air dengan mode pengering.

  • Jangan Lupa untuk Mencabut Kabel Mesin Cuci saat Tidak Digunakan

mencegah mesin cuci rusak

Untuk mencegah mesin cuci rusak, pastikan anda mencabut kabel mesin cuci setelah anda menggunakannya. Meskipun tidak digunakan lagi atau posisi mesin cuci dalam keadaan mati, namun jika kabel masing tersambung tidak akan berakibat baik. Untuk itu, cabutlah kabel setelah anda selesai menggunakannya.

  • Hindari Mencuci Terlalu Banyak Pakaian Sekali Putar

mencegah mesin cuci rusak

Hal ini dapat mendatangkan banyak masalah pada mesin cuci anda loh. Pertama, baju kurang bersih setelah dicuci karena larutan deterjen tidak berbaur dengan baik. Yang kedua mesin cuci juga akan mudah kotor karena menyimpan terlalu banyak pakaian.

Masalah yang terakhir adalah, mesin cuci akan mudah rusak. Karena terlalu banyak menampung pakaian dan mengakibatkan mesin cuci bekerja terlalu keras atau memaksakan berputar. Hal ini akan membuat mesin cuci menjadi lemah dan daya putarnya berkurang.

Memaksakan pakaian kotor terlalu banyak saat dicuci di mesin cuci sangat sering terjadi, dan berujung pada mesin cuci yang berhenti berputar. Sehingga mau tak mau untuk mengatasi hal ini anda memerlukan bantuan teknisi yang berkompeten untuk memperbaiki mesin cuci yang rusak.

Demikianlah langkah untuk mencegah mesin cuci rusak. Rawatlah mesin cuci dengan baik agar lebih awet dan anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu yang lebih lama. Jangan lupa untuk rutin membersihkan mesin cuci, karena hal tersebut sangat penting untuk dilakukan.

Selamat mencoba!

Baca juga: Penting! 5 Cara Praktis Membersihkan Mesin Cuci

Baca juga: Fungsi Tombol Mesin Cuci yang Perlu Anda Tahu

Cek Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube