Jeans merupakan bahan yang sering kita jumpai di berbagai outfit keseharian. Cara mencuci jeans menjadi penting karena penggunaannya yang cukup sering digunakan. Namun, seringkali bahan dasar jeans khususnya celana menjadi kusam.

Sehingga ketika kita ingin memadu padankan dengan baju lain, jeans malah terlihat tidak cocok karena warna jeans yang mulai memudar. Mencuci celana jeans juga banyak yang perlu diperhatikan, karena serat bahan yang cukup tebal dibanding dengan celana berbahan dasar lain.

Meskipun serat kain pada celana berbahan jeans cukup tebal, namun warna pada jeans cukup mudah untuk luntur atau memudar. Untuk itu, anda harus jeli dalam mencucinya. Artikel ini akan membahas bagaimana cara mencuci jeans agar awet dan tidak kusam.

Cara Mencuci Jeans Agar Awet

  • Menggunakan air dingin

Sebagian orang tak jarang menggunakan air panas untuk mencuci dengan tujuan membunuh kuman yang menempel. Padahal, hal ini dapat membuat serat kain pada jeans menjadi rusak. Apalagi di masa pandemi seperti ini, tentu semua orang merasa takut jika ada kuman yang menempel. Anda tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah tersedia detergen yang dapat membunuh kuman yang menempel pada pakaian.

Anda juga dapat melihat label pada celana jeans untuk mengetahui hal apa yang harus dihindari untuk mencuci jeans, yang pada umumnya, akan menyarankan untuk tidak menggunakan air panas. Hal ini berguna untuk semua warna jeans, baik yang terang ataupun yang cenderung berwarna gelap.

  • Pilihlah detergen yang tepat

Mencuci Jeans

Hal ini cukup penting untuk anda perhatikan. Memilih detergen yang tepat akan membuat jeans anda lebih awet dan tentunya tidak membuat warna pada jeans menjadi pudar. Sebaiknya gunakan deterjen cair yang lebih aman untuk digunakan di semua bahan, karena detergen bubuk cenderung lebih panas.

  • Mencuci bagian dalam jeans

Anda dapat menggunakan cara ini untuk menjaga warna pada jeans, selain untuk menghindarinya warna luntur pada kain, anda juga dapat memaksimalkan pembersihan di bagian dalam jeans yang anda gunakan. Caranya adalah dengan membalik jeans sebelum memasukkannya ke dalam jeans.

  • Mengatur mode mesin cuci

Mencuci Jeans

Ada beberapa fitur untuk menggunakan mesin cuci, seperti mode untuk mencuci pakaian bayi, selimut atau mencuci pakaian lembut dan sebagainya. Anda dapat menggunakan mode untuk mencuci pakaian lembut yang akan mengurangi terjadinya penyusutan pada jeans yang mana akan membuat kain menjadi melar.

Karena bahan pada jeans mudah melar yang mengakibatkan jeans tidak tampak seperti baru lagi. Jadi anda perlu mengatur mode mesin cuci agar jeans anda akan lebih awet.

  • Menggunakan Cuka dalam Campuran Air Cucian

mencuci jeans

Cara ini bisa jadi pilihan anda untuk mencuci jeans anda. Cukup campurkan setengah cangkir cuka ke dalam larutan air cucian. Hal ini bertujuan untuk membuat warna pada jeans anda awet atau mempertahankan warna pada jeans. Jadi anda tidak perlu khawatir warna jeans menjadi pudar setelah dicuci.

Itu dia cara yang dapat anda lakukan dalam mencuci jeans anda agar warna pada kain tetap terjaga. Mencuci jeans juga tidak dapat dilakukan terlalu sering karena akan mengakibatkan kualitas jeans berkurang.

Baca juga: Langkah Tepat Merawat Batik!

Baca juga: 8 Cara Mencuci Baju Agar Tidak Luntur

Dan Cek Youtube Kami di: Saku Laundry | Youtube