Kain batik merupakan bahan yang memiliki corak yang indah karena proses membuatnya yang memiliki teknik khusus. Sehingga dalam merawat batik, anda perlu jeli dan berhati-hati agar warna dan corak pada kain batik tidak luntur atau rusak. 

Pada umumnya, corak pada batik menggunakan canting sebagai alat untuk melukis di atas kain. Setelah kain dilukis, langkah selanjutnya adalah memberi warna pada kain. Sehingga membutuhkan proses yang panjang untuk membuat sebuah kain batik. Namun, saat ini tersedia pula kain batik cetak yang tidak menggunakan canting dalam proses pembuatannya.

Karena prosesnya yang cukup rumit, tentu dibutuhkan teknik khusus bagaimana cara merawat batik dengan baik dan benar, agar kain batik yang digunakan sepeti biasa dengan menjaga warna dan coraknya. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk merawat batik? berikut penjelasannya.

Langkah Merawat Batik dengan Tepat!

  • Memilih detergen yang sesuai

merawat batik

Pemilihan sabun untuk mencuci batik sangatlah penting. Saat ini bahkan sudah terjual bebas dan mudah untuk mendapat deterjen khusus baju batik. Karena bahan batik yang mudah luntur maka saat ini tersedia berbagai pilihan deterjen batik. Sehingga anda dapat menggunakan detergen khusus batik dalam proses mencuci kain batik.

  • Merendam batik dalam air hangat

Anda dapat menggunakan cara ini untuk mencuci baju batik yang tidak terlalu kotor. Jika baju anda cukup kotor, anda dapat menggunakan sabun mandi sebagai pengganti detergen. Caranya, cukup dengan mengucek baju batik dengan sabun mandi secara perlahan lalu masukan kedalam air panas.

  • Hindari memeras baju batik

Merawat Batik

Jika anda tidak menggunakan mesin cuci dan memilih untuk mencuci dengan tangan, hindari untuk memeras baju batik anda, hal ini dilakukan untuk menghindari kain batik menjadi rusak. Dengan anda memeras baju, kain batik akan menjadi kusut dan hal ini akan menyebabkan serat kain berubah.

  • Jangan menjemur batik di bawah sinar matahari langsung

Menjemur kain batik di bawah sinar matahari secara langsung dapat mengakibatkan kain batik menjadi rusak. Sebaiknya anda mengeringkan baju batik dengan angin saja. Sehingga baju yang dijemur tidak terkena sinar matahari langsung.

Karena sinar matahari dapat membuat warna pada baju batik menjadi rusak, meskipun anda memiliki tujuan agar baju cepat kering, namun khusus baju batik anda perlu menghindari sinar matahari langsung ketika ingin mengeringkannya.

  • Lapisi koran sebelum menyetrika baju batik

Merawat Batik

Ketika anda ingin menyetrika baju batik, anda perlu melapisi kain batik dengan kain tipis sebelum setrika menyentuh langsung bagian kain batik. Suhu yang terlalu panas dapat merusak kain batik, serta cat canting kurang cocok jika terkena benda panas.

Suhu panas pada setrika juga terkadang menyebabkan corak batik pada kain menempel pada setrikaan, dan hal ini membuat coraknya menjadi rusak. Akan lebih baik untuk merawat batik anda engan melapisi koran saat menyetrika.

  • Hindari penggunaan parfum pada kain batik

Kandungan pada parfum dapat merusak kain batik. Sehingga anda perlu menghindari parfum agar tidak mengenai baju batik. Untuk memberi kesan wangi pada pakaian anda dapat menggunakan pewangi atau pelembut pakaian setelah mencuci baju menggunakan detergen. Sehingga baju akan tetap harum meski menggunakannya seharian.

Itulah tips yang dapat anda lakukan jika ingin merawat batik yang baik dan benar agar kain batik anda lebih awet dan tidak luntur. Sehingga corak khas pada kain akan tetap terjaga, dan anda akan tampil lebih percaya diri dengan batik yang cerah.

 

Baca juga: 8 Cara Mencuci Baju Agar Tidak Luntur

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Tinta Membandel

Cek juga Youtube kami: Saku Laundry | Youtube