Sebagian dari anda mungkin penasaran bagaimana menggunakan laundry koin, karena cara kerja laundry ini adalah sistem self service atau customer memproses pencucian sendiri. Jenis laundry ini sudah biasa dilakukan di luar negeri. Di Indonesia sendiri, jenis laundry ini dipopulerkan pada 2013 di Jakarta.

laundry koin juga dapat diistilahkan dengan Laundromat, yang dapat diartikan bahwa sistem operasionalnya dapat berjalan sendiri, seluruh proses mencuci hingga mengeringkan pakaian dilakukan oleh pelanggan itu sendiri.

Customer laundry akan mendapat privasi sendiri, karena sebagian orang kurang menyukai pakaian mereka disentuh orang lain. Dengan sistem laundry ini mereka dapat menjaga privasi mereka. dilain sisi kita tengah dihadapi masa pandemi, laundry jenis ini cukup cocok bagi customer yang ingin menggunakan jasa laundry dengan sistem mencuci sendiri. Yang mana akan mengurangi intensitas tersentuh orang lain sangat sedikit.

Sehingga penyebaran virus akan sedikit kemungkinannya. Namun, bagaimana langkah-langkah yang benar untuk menggunakan laundry koin. Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah bagi customer untuk menggunakan laundry koin.

Langkah-langkah Menggunakan Laundry Koin

1. Pisahkan Baju sebelum Anda Mencuci

Tahapan pertama yang anda lakukan adalah memisahkan baju yang berbahan halus dan berbahan tebal. Pastikan anda tidak mencampur pakaian dan mencucinya berdasarkan bahan-bahan pada pakaian agar pakaian halus tidak mudah rusak.

2. Memasukkan Baju dan Deterjen

laundry koin

Langkah selanjutnya, setelah anda sudah memilah pakaian, anda dapat langsung memasukan pakaian tersebut kedalam mesin cuci. Kemudian masukkan deterjen yang sudah disiapkan ke dalam laci khusus untuk memasukan deterjen.

Anda juga dapat menambahkan pewangi pakaian ke dalam mesin cuci untuk proses membilas selanjutnya, agar pakaian lebih harum sekaligus menghilangkan busa yang masih menempel pada pakaian.

3. Masukkan Koin pada Mesin Cuci

laundry koin

Setelah semua sudah dimasukkan, kemudian tutup pintu mesin cuci, lalu anda dapat langsung memasukkan koin, agar mesin dapat berjalan seperti seharusnya. Pada umumnya, customer akan membayar sesuai berat pakaian yang akan dicuci, kemudian uang akan ditukar dengan koin.

4. Memilih Suhu Air yang ingin digunakan

Jika anda menggunakan mesin cuci laundry, anda dapat menentukan suhu air yang dibutuhkan sesuai ketentuan pada label pada baju. Karena ada sebagian pakaian yang lebih baik menggunakan air dingin agar tidak merusak pakaian.

Namun, ada juga sebagian pakaian yang tidak berpengaruh jika terkena air dengan suhu yang tinggi. Hal ini juga dapat anda manfaatkan untuk membunuh kuman yang terjebak di dalam pakaian setelah digunakan.

5. Mengeluarkan Pakaian setelah Dicuci

laundry koin

Mesin laundry memiliki tabung yang berbeda antara mencuci dan mengeringkan pakaian. Sehingga, setelah anda selesai mencuci anda dapat mengeluarkan pakaian. Tanda mesin cuci sudah selesai akan ditandai dengan adanya bunyi atau adanya notifikasi di layar LCD pada mesin cuci.

Setelah itu, anda dapat memastikan bahwa seluruh pakaian sudah terambil, jangan sampai ada pakaian yang tertinggal atau tersangkut di dalam mesin cuci.

6. Memasukkan pakaian ke mesin pengering

Setelah proses mencuci sudah selesai anda dapat menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan pakaian anda. Mesin pengering biasanya berada di atas mesin cuci, sehingga anda dapat langsung memasukkan pakaian ke atas di dalam mesin pengering.

Proses pengering dapat anda lakukan selama kurang lebih 20 hingga 30 menit. Anda juga dapat memilih suhu yang dapat diatur untuk mengeringkan pakaian. Untuk bahan lembut sebaiknya anda gunakan suhu yang hangat, sedangkan untuk pakaian berat seperti jaket, celana jeans dan sebagainya anda dapat menggunakan temperatur yang lebih panas.

7. Pakaian pun selesai dicuci dan siap di setrika

laundry koin

Jika pakaian sudah selesai dicuci dan sudah kering, maka pakaian pun siap disetrika. Pakaian yang langsung kering merupakan salah satu kelebihan dari penggunaan mesin cuci di laundry, yaitu pakaian dapat langsung disetrika tanpa harus dijemur lagi terlebih dahulu.

Demikianlah 7 proses cara menggunakan laundry koin yang dapat dilakukan oleh customer yang ingin menggunakan mesin cuci di laundry koin. Dengan begitu, anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengetahui langkah-langkah menggunakan mesin cuci di laundry koin.

Baca juga: Fungsi Tombol Mesin Cuci yang Perlu Anda Tahu

Baca juga: Penting! 5 Cara Praktis Membersihkan Mesin Cuci

Cek Youtube kami: Saku Laundry | Youtube