Mencuci baju putih terkadang sangat menyulitkan, karena jika asal dalam mencuci pakaian putih kain akan berubah warna terkena luntur atau jadi kekuningan. Baju putih merupakan baju yang pada umumnya akan selalu terpakai karena warnanya yang netral dan cocok di mix and match dengan bawahan lain seperti jeans, celana kulot warna-warni atau dengan celana bermotif sekalipun, atasan berwarna putih akan selalu menjadi andalan.

Pakaian putih juga identik dengan hal-hal yang bersifat formal dan baju putih juga dapat dijadikan sebagai dresscode untuk acara-acara tertentu mulai dari acara makan malam, sampai acara resmi seperti acara pertunangan dan pernikahan. Karena, biasanya seseorang setidaknya memiliki satu baju putih contohnya kemeja putih. 

Namun, seringkali menggunakan pakaian berwarna putih mengakibatkan warna pakaian menjadi kusam atau kekuningan. merawat baju putih dengan benar memang perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya hal tersebut. Sehingga pakaian putih tetap terjaga warnanya dan tidak pudar ataupun terkena luntur.

Warna putih pada pakaian biasanya akan mudah terkena luntur karena pada saat mencuci di gabung dengan pakaian berwarna lain. Hal ini juga yang mengakibatkan warna pada pakaian berwarna putih jadi tidak awet. Ada langkah-langkah yang perlu diperhatikan untuk Mencuci baju Putih agar warnanya tetap terjaga. Berikut merupakan beberapa langkah yang perlu anda coba.

Cara Mencuci Baju Putih

1. Gunakan Cairan pemutih pakaian 

Mencuci Baju Putih

Ada berbagai merek pemutih pakaian yang dapat digunakan untuk membuat baju putih yang sudah kusam menjadi cerah kembali seperti sebelumnya. Langkah ini dapat dilakukan jika baju mulai berwarna kekuningan. Pemutih ampuh untuk membuat pakaian menjadi lebih putih dan tidak kusam lagi. Caranya cukup dengan merendam pakaian kedalam air yang sudah dicampur dengan cairan pemutih.

Di dalam pemutih terdapat senyawa kimia yang disebu dengan Natrium hipoklorit yang bersifat tidak stabil dan mudah terdekomposisi. Untuk dalam menggunakan cairan pemutih anda perlu berhati-hati. Pilihlah pemutih yang lebih aman digunakan karena pemutih dapat membuat serat pakaian cepat rusak.

Hal ini disebabkan cairan pemutih memiliki kandungan yang cukup keras dibanding dengan detergen pada umumnya. Hal ini juga sangat berpengaruh pada serat pakaian. Cairan ini tidak dapat digunakan untuk pakaian berwarna lain, karena akan berakibat lunturnya warna pakaian.

2. Jangan Menyikat Pakaian Putih

Mencuci Baju Putih

Mencuci baju putih yang memudar menjadi kekuningan atau terdapat noda kerap kali diatasi dengan menyikat pakaian dengan tujuan agar pakaian tersebut menjadi lebih cerah atau noda yang menempel hilang. Namun, hal ini justru akan merusak pakaian. Karena kain akan menjadi kasar setelah disikat.

Apalagi jika menyikat pakaian terlalu keras, akan mengakibatkan pakaian yang disikat malah menjadi rusak. Untuk itu hindari menyikat pakaian dalam proses mencuci baju putih, cukup merendam pakaian di dalam air sabun atau detergen agar noda pada baju putih hilang dengan sendirinya secara perlahan.

3. Simpan Pakaian Putih di dalam Plastik

Mencuci Baju Putih

Jika pakaian yang berwarna putih sudah digunakan, cuci kembali dengan bersih. Setelah itu simpan di dalam lemari dengan membalut atau bungkus pakaian putih dengan plastik. Hal ini dapat meminimalisir warna pada baju berwarna putih berubah menjadi kekuningan.

Meskipun pakaian berwarna putih hanya diletakan di lemari, pakaian dapat berubahwarna menjadi kekuningan serta kusam dengan sendirinya. Faktornya bisa disebabkan karena adanya debu-debu di lemari yang menempel pada baju putih anda. Untuk itu perlu diantisipasi dengan membungkus pakaian putih ke dalam plastik.

Nah, itu dia cara mencuci baju putih menjadi lebih awet dan tetap cerah. Sehingga pakaian putih anda tetap dapat terlihat bersih dan baru setiap kali menggunakannya. Anda akan tampil lebih percaya diri tanpa harus khawatir baju putih anda kekuningan atau terkena luntur. 

Baca juga: 8 Cara Mencuci Baju Agar Tidak Luntur

Baca juga: Tips Mencuci Mantel Agar Tahan Lama

Cek juga Youtube kami: Saku Laundry | Youtube