Usaha laundry tidak diragukan lagi memiliki banyak keuntungan yang dapat dirasakan pemilik usahanya. anda juga dapat membuat usaha laundry rumahan dengan budget yang ada. Namun, ada hal-hal yang perlu anda pikirkan agar tidak mengalami kerugian.

Tidak sedikit pengusaha laundry gulung tikar karena kurang memperhatikan hal-hal detail mengenai seluk beluk laundry. Padahal, jika usaha laundry ditekuni, maka akan mendatangkan keuntungan yang jumlahnya tidak sedikit.

Untuk laundry rumahan sendiri, yang paling penting adalah anda memiliki alat, teknik serta orang terdekat untuk membantu mendukung usaha laundry kecil-kecilan ini. meski terdengar sederhana, namun jika dijalankan dengan sungguh-sungguh maka akan sangat menguntungkan.

Lantas, bagaimanakah cara yang benar untuk membuat laundry rumahan dengan praktis dalam membangun usaha laundry rumahan agar mendatangkan pelanggan dan tidak mengalami kerugian. Berikut ini ulasannya untuk anda.

Cara Membuat Laundry Rumahan yang dapat Anda lakukan

1. Mencari Tahu Lebih Banyak Mengenai Laundry

laundry rumahan

Hal ini adalah sangat penting dalam memulai sebuah usaha. Sebagai owner laundry anda harus mencari tahu segala sesuatu hal yang berkaitan dengan membangun usaha laundry rumahan. Seperti apa saja yang diperlukan dan dibutuhkan.

Anda dapat mencari informasi kepada teman dan kerabat di sekitar anda. Atau anda dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya di internet dan website terkait membangun usaha laundry dari awal dan apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis laundry.

2. Menentukan dan Mengelola Biaya-biaya

laundry rumahan

  • Tentukan Modal Bisnis Laundry Rumahan

Owner harus memikirkan modal bisnis laundry yang dijalankan agar tidak mengalami kerugian. Anda harus mengelola apa saja yang perlu diperlukan seperti mesin cuci, mesin pengering, setrika, deterjen, pewangi pakaian, dan lain-lain. 

Anda juga harus memikirkan bagaimana tata letak terbaik untuk meletakan peralatan laundry anda agar lebih rapi dan teratur dengan budget yang anda miliki, sehingga mencuci juga lebih nyaman karena seluruh keperluan lebih teratur dan tertata.

  • Menentukan Harga kepada Pelanggan

Untuk menentukan harga kepada pelanggan, anda harus memperhitungkan dan memberikan harga terbaik dan pas yang sesuai kepada pelanggan. Jangan sampai harga terlalu murah ataupun terlalu mahal.

Jika harga terlalu murah, dikhawatirkan omset pemasukan tidak akan menutupi keuntungan yang diperoleh. Jika harganya terlalu mahal dibanding harga pasar lain, tentu pelanggan akan berpikir dua kali untuk menggunakan jasa laundry rumahan anda.

3. Memberikan Kualitas Kepada Pelanggan

Berikanlah pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan. Bersikap ramah juga merupakan salah satu kunci penting dan mencerminkan citra yang baik terhadap layanan laundry anda. Meskipun laundry rumahan, namun buatlah suasana laundry anda seperti laundry profesional.

4. Menentukan Strategi Marketing

laundry rumahan

Strategi marketing dapat dilakukan dengan langkah sederhana, yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Mulai dari Facebook, Instagram, Tiktok dan lain-lainnya, yang mana semua dapat digunakan secara gratis melalui smartphone anda.

Kemudian anda dapat menggunakan media cetak untuk mencetak brosur dan selanjutnya akan dikirimkan kepada masyarakat sekitar, untuk memberi tahu bisnis laundry rumahan yang sedang anda rintis. Jangan lupa untuk memberikan promo menarik agar dilirik calon pelanggan.

5. Mengelola Keuangan

laundry rumahan

Anda harus memastikan pemasukkan setiap waktunya selalu menghasilkan keuntungan. Yang perlu anda lakukan adalah anda harus mencatat seluruh biaya baik yang dikeluarkan maupun biaya masuk, serta biaya-biaya lainnya. 

Sisihkan uang untuk biaya operasional seperti deterjen, pewangi, kemudian biaya lain seperti listrik dan lain-lain. Siapkan juga biaya-biaya tak terduga untuk modal jika suatu waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

Agar lebih mudah, anda dapat menggunakan aplikasi Saku Laundry, aplikasi ini dapat digunakan untuk usaha laundry rumahan anda, yang akan memudahkan operasional bisnis laundry yang dapat mencatat seluruh biaya masuk, biaya keluar, dan biaya lainnya dengan berbagai fitur didalamnya.

Demikianlah kiat-kiat yang dapat anda lakukan dalam menjalankan bisnis laundry rumahan sendiri. Meski usaha laundry kelihatannya mudah, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Menjalankan bisnis dengan sepenuh hati juga akan memberikan hasil yang memuaskan.

Baca juga: 8 Tahapan Dalam Proses Laundry

Baca juga: 7 Langkah Mudah Bisnis Laundry Online

Cek Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube