Saat ini, bisnis online mulai bertebaran dan memiliki banyak peminatnya. Anda juga dapat memulai bisnis laundry online untuk dijadikan sebagai ladang usaha. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. orang-orang mulai mengurangi mobilitas mereka dalam melakukan aktivitas. 

Banyak yang tertarik dan mencoba untuk membuka jenis usaha online. Mulai dari usaha makanan, minuman, pakaian dan sebagainya. Anda juga dapat memanfaatkan situasi ini dengan usaha laundry. contoh saat ini sedang trend bisnis jual pakaian bekas atau dikenal dengan sebutan thrifting.

Pakaian bekas yang layak pakai dengan alasan bermerek inilah yang membuat orang tertarik. Alasan lainnya adalah untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat baju yang menumpuk dan tidak digunakan. 

Sebagai pebisnis laundry, cara memanfaatkannya adalah dengan memberi jasa mencuci per-load atau dihitung berdasarkan jumlah kilo. Lalu bagaimana cara memulai bisnis laundry online dengan benar?

Langkah-langkah Mudah Bisnis Laundry Online 

1. Mencari tahu lebih dalam mengenai bisnis laundry

laundry online

Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu mengenai usaha bisnis laundry. Cari tahu sebanyak mungkin apa saja yang diperlukan untuk membuka bisnis laundry online. Dengan sistem online, semua dapat dilakukan secara virtual dimana saja dan kapan saja.

Anda juga dapat mencari referensi dari bisnis laundry yang sudah ada, atau kerabat dan teman yang memiliki pengetahuan dalam bidang laundry. Gunakan media online baik website maupun media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, dan sebagainya. 

2. Pilih lokasi yang strategis

laundry online

Meskipun anda membuka bisnis laundry secara online namun, lokasi tetap merupakan salah satu strategi yang sangat penting dalam menjalankan bisnis online. Untuk lokasi mencuci pastikan daerah tersebut memiliki kualitas air yang baik. Anda juga dapat menentukan tempat yang strategis agar anda juga dapat membuka bisnis laundry secara offline.

3. Menghitung modal dan harga tepat

laundry online

Menghitung modal dan harga sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Sehingga anda dapat mengetahui dari jumlah modal tersebut anda mendapat keuntungan atau tidak. Jadi anda perlu menentukan modal sesuai budget dengan anda. 

4. Menyiapkan layanan antar jemput

Karena menggunakan sistem online, maka anda harus menyiapkan sistem layanan antar jemput, seperti driver dan kendaraan. Kurir sangat penting dalam sistem bisnis online, dengan tujuan memudahkan mobilitas customer.

5. Membuat standar pelayanan

Standar pelayanan dapat menjadi identitas outlet laundry anda. Jadi buatlah standar yang sesuai. Hindari mematok harga terlalu jauh dengan kompetitor. Untuk bisa membuat pelayanan yang baik, Anda bisa membuat SOP (standar operasional prosedur) dalam melayani pelanggan.

6. Membuat penawaran menarik

laundry online

Memberi penawaran yang menarik pada outlet laundry anda, akan memberi daya tarik tersendiri terhadap laundry anda. Sehingga, pelanggan akan tertarik untuk menggunakan layanan bisnis online laundry anda dan akan memancing pelanggan lebih banyak. 

7. Gunakan media online

Media online seperti website dengan memanfaatkan teknik SEO. Kemudian anda juga dapat menggunakan media sosial untuk mempromosikan outlet laundry anda. Dengan begitu maka laundry anda akan lebih dikenal dan mendatangkan pelanggan.

Apalagi usaha laundry yang anda buka merupakan bisnis laundry online, sehingga akan memudahkan customer yang memiliki keterbatasan untuk datang langsung ke tempat laundry. Anda juga dapat memberi tahu kepada teman-teman sekitar untuk menggunakan jasa laundry anda.

Demikianlah 7 langkah mudah bisnis laundry online. Promosi merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan sebuah bisnis, dengan giat melakukan promosi akan berdampak baik bagi bisnis online anda sehingga akan lebih mudah mendatangkan pelanggan.

 

Baca juga: Buat Bisnis Laundry Kekinian!

Baca juga: 5 Cara Membedakan Jenis Laundry

Cek Youtube kami: Saku Laundry | Youtube