Jika anda memiliki rencana untuk membuka outlet laundry, anda perlu mengetahui langkah-langkah dalam proses laundry. Jasa laundry sangat dibutuhkan untuk sebagian masyarakat yang ingin menggunakan jasa mencuci. Alasan waktu dan kepraktisan menjadi faktor utamanya.

Saat ini, mulai bermunculan jenis-jenis laundry yang disediakan di setiap outletnya. Contohnya untuk customer yang memilih untuk mencuci sendiri dengan alasan membutuhkan privasi, maka ia akan memilih coin laundry, dimana customer dapat mencuci sendiri pakaiannya.

Anda juga dapat mencuci berbagai jenis kebutuhan untuk dibersihkan. Tidak hanya baju, anda juga dapat mencuci sepatu, sprei, bed cover, hingga karpet atau tikar sekalipun. Lantas, bagaimana langkah-langkah dalam proses laundry yang tepat dan benar. Berikut ulasannya.

Tahapan Yang Tepat Untuk Proses Laundry

1. Tahap Pertama Penerimaan Pakaian Kotor

proses laundry

Tahapan pertama setelah menerima order adalah, anda perlu menghitung baju. Hal ini dilakukan untuk menghindari baju berkurang atau berbeda ketika semua pakaian selesai di laundry. anda juga harus memastikan bahwa pakaian pelanggan tidak saling tertukar.

Setelah itu anda dapat membuat tanda terima kepada pelanggan dan estimasi kapan pakaian selesai di laundry dan dapat diambil sendiri atau diantar kepada pelanggan. Pastikan ada tanda tangan juga sebagai tanda terima. Sehingga, dapat dijadikan bukti pengambilan pakaian.

2. Memilih Jenis Pakaian

Ada berbagai macam jenis pakaian, mulai dari yang berbahan lembut, kasar, mudah luntur, atau yang perlu mendapat penanganan khusus. Pakaian-pakaian tersebut harus dicuci berdasarkan kain atau bahannya. Anda juga dapat menanyakan kepada pelanggan sebelumnya mana yang mudah luntur dan mana yang aman dicuci berbarengan.

Hal ini untuk menghindari terjadinya kelalaian yang dapat terjadi dan mengakibatkan baju lain terkena luntur. Untuk itu, anda perlu memilah pakaian sebelum dicuci. Untuk pakaian satuan yang ingin dicuci secara terpisah, anda dapat memberi harga khusus.

3. Cara Membersihkan Noda Pada Pakaian

Pada proses laundry ini, perlu dicermati pakaian-pakaian yang terkena noda agar baju benar-benar bersih. Sehingga, pelanggan akan merasa sangat puas dengan kinerja dan pelayanan yang ditawarkan jasa laundry anda.

4. Proses Pencucian Pakaian

proses laundry

Tahapan ini adalah tahapan yang paling penting dan perlu anda perhatikan. Sebelum tahapan mencuci anda juga dapat merendam pakaian terlebih dahulu agar proses mencuci lebih maksimal dan lebih mudah. Pastikan anda mencuci sesuai dengan pakaian yang sudah dipilah.

Anda dapat menggunakan detergen cair atau deterjen bubuk. Sesuai dengan penggunaan laundry yang anda gunakan. Tuangkan deterjen dengan takaran yang sesuai. Jangan memaksakan mesin cuci dengan baju yang terlalu banyak, agar proses mencuci lebih bersih hasilnya.

5. Tahapan Membilas Pakaian

Pada tahapan membilas pakaian, pastikan anda menggunakan air dingin yang bersih. Maksimalkan dengan membilas pakaian lebih dari satu kali agar busa-busa pada pakaian lebih mudah dibersihkan. Anda juga dapat menambahkan pewangi pakaian agar pakaian lebih harum.

6. Proses Mengeringkan Pakaian

proses laundry

Dalam proses laundry ini, anda dapat menggunakan kecepatan sesuai dengan permintaan pelanggan. Jika pelanggan meminta agar pakaian lebih cepat kering, maka anda dapat menggunakan extra dry. Namun, jika tidak ada permintaan khusus dari pelanggan anda dapat menggunakan pengering dengan tenaga standar.

Jika pakaian kurang kering, anda melakukan proses menjemur. Hindari penggunaan sinar matahari langsung untuk menghindari kerusakan serat kain pada pakaian. Namun menjemur pakaian sangat jarang terjadi di laundry karena mesin pengeringnya sangat canggih, sehingga pakaian dapat langsung kering.

7. Tahapan Penyetrikaan

proses laundry

Tahapan selajutnya dalam proses laundry adalah proses menyetrika. Langkah ini pada umunya menggunakan pengharum dan pelicin pakaian. Pakaian akan lebih wangi dan tentunya akan lebih mudah disetrika.

8. Proses Packing

Tahapan terakhir adalah proses packing atau pembungkusan. Tahapan ini dilakukan setelah anda melipat pakaian yang sudah di setrika secara rapi lalu anda juga dapat menambahkan parfum agar pakaian yang sudah di laundry lebih wangi lagi. Kemudian bungkus dengan plastik bening dan beri tanda nama pemilik. Pakaian pun siap diantar atau diambil.

Itulah tahapan-tahapan yang tepat dalam proses laundry yang tepat. Untuk memberikan kemudahan anda dapat menggunakan aplikasi kasir khusus untuk kebutuhan laundry agar bisnis menjadi lebih praktis. yaitu dengan menggunakan aplikasi Saku Laundry, semua menjadi lebih mudah dengan keamanan yang terjamin.

Baca juga: 7 Tips Menangani Komplain Pelanggan Laundry

Baca juga: Detail Dalam Membuka Bisnis Laundry

Cek juga Youtube kami: Saku Laundry | Youtube