Mesin cuci merupakan benda yang sangat penting untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun ada beberapa hal yang dapat merusak mesin cuci, yang akan menghambat kinerja mesin cuci dan bahkan hingga tidak dapat digunakan lagi.

Beberapa hal yang dapat merusak mesin cuci terjadi oleh kebiasaan dan hal lainnya yang tanpa disadari dapat merusak mesin cuci yang digunakan hampir setiap hari. Padahal kegiatan mencuci merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Kebiasaan tersebut dapat anda ubah sehingga mesin cuci anda akan lebih awet dan tahan lama. Berikut ini merupakan ulasan beberapa hal yang dapat merusak mesin cuci anda. Sehingga anda dapat mengatasi masalah sebelum mesin cuci anda rusak.

Beberapa hal yang dapat merusak mesin cuci

1. Terlalu banyak memasukan pakaian ke dalam mesin cuci

dapat merusak mesin cuci

Mencuci dengan beban yang tidak semestinya merupakan salah satu faktor yang dapat merusak mesin cuci anda. Sudah banyak terjadi, mesin cuci yang terlalu banyak menampung beban pakaian yang akan dicuci menjadi rusak.

Jika anda mencuci dengan menggunakan mesin cuci berkapasitas 6 kg, anda tidak bisa meletakan beban lebih dari kapasitas mesin tersebut. Hal ini akan menyebabkan mesin cuci bekerja terlalu keras sehingga menyebabkan mesin cuci jadi tidak berputar dengan semestinya.

Usahakan untuk mencuci pakaian dan lainnya di bawah kapasitas mesin cuci, agar mesin cuci lebih awet. Jika anda ingin mencuci dalam jumlah yang banyak, anda dapat melakukan proses mencuci dua kali.

2. Cara meletakkan Mesin cuci yang salah

dapat merusak mesin cuci

Ada banyak hal yang dapat merusak mesin cuci yang disebabkan karena peletakannya yang salah. Pertama anda meletakan mesin cuci langsung mengenai lantai. Sebaiknya anda melapisi bagian bawah mesin cuci dengan kaki mesin cuci.

Selain itu, permukaan bawah meletakan mesin cuci yang tidak rata juga dapat menyebabkan mesin cuci terguncang dan membuat suara yang cukup keras. Selain itu, ada pula beberapa hal yang menyebabkan mesin cuci jadi terguncang. 

Diantaranya baut transportasi masih melekat pada mesin cuci dan terdapat bantalan mesin cuci yang rusak atau peredam kejut. Untuk hal ini anda dapat mempercayakan teknisi yang berkompeten untuk mengecek mesin cuci anda.

3. Mesin cuci jarang dibersihkan

dapat merusak mesin cuci

Meskipun mesin cuci digunakan dalam kebutuhan sehari-hari untuk mencuci, namun bukan berarti mesin cuci tidak dapat kotor. Hal yang dapat merusak mesin cuci selanjutnya adalah karena tidak membersihkan mesin cuci.

Lalu, bagaimana cara mencuci mesin cuci? Pertama anda dapat mengecek bagian filter mesin cuci yang biasa digunakan untuk menyerap kotoran dan serat-serat halus yang menempel pada pakaian. Cukup dengan mengambil kotoran yang menempel pada filter mesin cuci.

Anda dapat mencucinya dengan air mengalir jika perlu untuk hasil yang lebih maksimal. Kemudian, letakan kembali filter mesin cuci pada tempatnya. Selain filter mesin cuci, terdapat laci penyimpan deterjen dan softener. Deterjen kerap kali menempel dan menjadi kerak.

anda dapat membersihkannya dengan cara melap bersih dengan kain basah. Jika laci deterjen dapat dibuka, anda dapat melepas dan mencucinya di alir mengalir, sehingga akan lebih mudah ketika proses membersihkannya. Kemudian letakan kembali laci deterjen tersebut.

4. Terlalu banyak menggunakan detergen

dapat merusak mesin cuci

Terlalu banyak menggunakan deterjen juga merupakan hal yang dapat merusak mesin cuci. Padahal tujuan anda adalah agar pakaian yang anda cuci lebih bersih. Namun, meletakan deterjen terlalu banyak justru akan membuat mesin cuci anda menjadi rusak.

Jika busa yang dihasilkan disebabkan oleh deterjen yang terlalu banyak dapat menyebabkan drainase. Selain itu, penggunaan deterjen terlalu banyak juga menyebabkan penyumbatan pada laci deterjen dan mengakibatkan deterjen tidak turun ke dalam pakaian yang dicuci.

5. Tidak menggunakan kantong mencuci dalam dan kaus kaki

Untuk mencuci barang-barang yang kecil seperti pakaian dalam dan kaus kaki. Jika anda tidak melakukan hal tersebut, pakaian kecil tersebut dapat terpental dan memungkin untuk masuk ke dalam bagian mesin cuci.

Hal ini biasa terjadi ketika proses dry atau pengering, yang menghasilkan perputaran yang sangat kencang dan mengakibatkan barang-barang kecil tersebut seperti pakaian dalam dan kaus kaki masuk ke dalam mesin cuci.

Itulah beberapa hal yang dapat merusak mesin cuci. Akan lebih baik mencegah kerusakan mesin cuci sebelum hal tersebut terjadi. Sehingga anda dapat mencegah kerusakan yang mungkin terjadi pada mesin cuci anda.

 

Baca juga: Fungsi Tombol Mesin Cuci yang Perlu Anda Tahu

Baca juga: Penting! 5 Cara Praktis Membersihkan Mesin Cuci

Cek Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube