Saat ini kita tengah dihadapkan dengan adanya virus COVID-19 yang dapat menyerang siapa saja. outlet laundry sesuai protokol kesehatan perlu diterapkan agar bisnis tetap berjalan. Sama halnya dengan tempat umum lainnya yang harus mengikuti anjuran dari pemerintah ini. 

Masyarakat seakan takut untuk menggunakan laundry di masa seperti ini, namun sebagian orang juga tidak memiliki opsi lain untuk mencuci pakaian dan lain sebagainya. Laundry begitu berarti bagi sebagian orang yang sudah bergantung pada jasa ini.

Namun, sebagai pebisnis anda tidak perlu khawatir. Selama anda dapat menjalankan bisnis dengan mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Lantas bagaimana menjalan bisnis laundry di tengah pandemi? Berikut ulasannya.

Cara Menjalankan Bisnis Laundry sesuai Protokol Kesehatan

  • Memberikan desinfektan ke seluruh area laundry

laundry sesuai protokol

Desinfektan dapat membunuh kuman yang menempel di permukaan benda dan area di dalam laundry. Menjalankan laundry sesuai protokol kesehatan, perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan tempat laundry anda dari adanya kuman dan virus yang dapat menempel dimana saja.

Penyemprotan disinfektan harus dilakukan secara rutin. Owner dapat memberikan desinfektan ketika pelanggan sedang tidak berada di dalam outlet agar tidak mengganggu transaksi pelanggan dan kasir. Sehingga pelanggan tidak ragu untuk mempercayakan pakaian mereka dicuci di tempat yang bersih.

  • Memberlakukan Laundry sesuai Protokol Kesehatan

laundry sesuai protokol

Pemberlakukan protokol kesehatan sangat penting untuk dilakukan. Pemerintah mewajibkan seluruh tempat umum memberlakukan protokol kesehatan, mulai dari rajin mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Untuk di tempat outlet laundry sendiri, anda dapat melakukan sistem ini dengan cara menyediakan tempat cuci tangan serta sabun, dan atau menyediakan hand sanitizer di kasir atau di tempat masuk. 

Owner juga harus mewajibkan karyawan dan pengunjung outlet untuk menggunakan masker, serta tetap menjaga jarak antar pelanggan satu dengan yang lainnya. Selain itu juga dapat membatasi pengunjung yang boleh masuk atau berada di dalam ruangan laundry.

3. Menerapkan Sistem Pembayaran Cashless

laundry sesuai protokol

Kuman sangat mudah menempel pada uang kertas maupun logam. Karena perputaran uang yang cepat dan sudah ditangan banyak orang. Sehingga laundry dapat menerapkan sistem cashless atau uang digital untuk sistem bayar.

Saku Laundry juga memiliki sistem cashless payment. Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS. Yaitu sistem bayarnya menggunakan kode QR sehingga pelanggan dapat melakukan pembayaran secara digital tanpa harus bersentuh tangan.

4. Membuat peraturan khusus untuk Pakaian Kotor

Membuat laundry sesuai protokol salah satunya adalah dengan cara yang satu ini, yaitu dengan cara meminta pelanggan untuk memilah pakaian mereka sendiri yang akan di laundry. Misal pakaian putih dipisahkan dengan jeans atau bahan tebal lainnya. 

Hal ini akan mengurangi kontak antar pelanggan dan karyawan. Setelah itu karyawan dapat langsung memasukan ke kotak penyimpanan untuk selanjutnya diproses mencuci, mengeringkan hingga menyetrika. Pastikan proses packing menggunakan plastik tertutup dengan benar.

5. Rutin membersihkan mesin cuci

laundry sesuai protokol

Membuat laundry sesuai protokol selanjutnya adalah dengan membersihkan mesin cuci laundry, yang mana hal ini sangat penting untuk dilakukan. Karena mesin cuci terus berputar dan mencuci berbagai macam pakaian dari setiap pelanggan. Sehingga anda perlu melakukan pembersihan mesin cuci secara rutin untuk mengurangi adanya penumpukan bakteri di dalam mesin cuci.

Cara membersihkannya pun cukup mudah, anda cukup melap permukaan baik dalam maupun luar mesin cuci dengan disinfektan. Kemudian jangan lupa untuk mengecek filter mesin cuci dan membuang kotoran di dalamnya. Sehingga mesin cuci akan selalu dalam keadaan bersih.

Langkah selanjutnya adalah owner dapat membuat tulisan yang jelas bahwa outlet laundry sudah mengikuti protokol kesehatan yang ada dan rutin membersihkan mesin cuci dan menyemprotkan disinfektan di area laundry anda.

Demikianlah cara terbaik menjalankan bisnis laundry sesuai protokol kesehatan yang dapat owner laundry lakukan. Hal ini dilakukan tidak hanya untuk kepentingan diri sendiri tetapi untuk kepentingan bersama dan melindungi kita dari ancaman virus Covid-19.

 

Baca juga: 7 Langkah Mudah Bisnis Laundry Online

Baca juga: 5 Kiat Khusus Membuat Laundry Rumahan

Cek juga Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube