Menjalankan bisnis laundry, diperlukan manajemen yang baik untuk dapat menentukan modal dan keuntungan selama menjalankan bisnis. Anda harus mengetahui perbandingan modal dan penghasilan untuk menentukan apakah anda untung atau rugi.

Tidak hanya modal, anda juga harus jeli dalam menghitung seluruh pengeluaran operasional selama proses laundry berlangsung. Sehingga anda harus mencatat dan merekap seluruh pengeluaran dan dapat menentukan modal dan keuntungan.

Anda harus memiliki setidaknya estimasi untuk menentukan modal dan keuntungan untuk membangun usaha laundry dan mengetahui seberapa banyak keuntungan yang diperoleh dari usaha laundry tersebut. Berikut ini merupakan penjelasannya.

Langkah yang harus di lakukan untuk Menentukan Modal dan Keuntungan Bisnis Laundry

1. Menentukan Modal untuk Bisnis Laundry

menentukan modal dan keuntungan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan modal dan keuntungan yang harus dikeluarkan untuk menjalankan bisnis laundry. Sebagai pengusaha laundry anda perlu melakukan perhitungan terhadap alat-alat dan perlengkapan lainnya.

Contohnya seperti biaya membeli mesin cuci, ember atau bak untuk mencuci, timbangan digital untuk mengetahui berat pakaian yang akan di laundry, hanger plastik dan juga jepitan baju untuk menjemur, rak besi komplit, peralatan administrasi (seperti kertas nota, pulpen, buku, dll.), Perlengkapan mencuci (seperti detergen, pewangi, sikat, selang), Spanduk atau papan nama.

Carilah toko yang terjangkau dan usahakan tetap memberikan kualitas yang baik. Barang-barang yang berkualitas tidak selalu memiliki harga yang tinggi. Dengan membeli barang yang berkualitas, tentu akan sangat berguna untuk jangka panjang agar peralatan yang anda beli tidak mudah rusak.

2. Mempersiapkan Anggaran dan Manajemen 

menentukan modal dan keuntungan

Selain modal untuk memulai usaha, anggaran dan juga manajemen dalam menjalankan bisnis laundry perlu anda perhatikan untuk menentukan modal dan keuntungan. Anda harus mencari lokasi yang strategis agar outlet anda mudah dilihat dan dijangkau. 

Selain lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, anda juga bisa memilih lokasi yang tidak jauh dari kos-kosan, kampus, perkantoran, dan kawasan yang ramai lainnya. Manfaatkanlah kawasan yang ramai agar mudah diketahui. 

Selain itu, anda dapat menggunakan strategi marketing yang baik. Dengan cara mempromosikan outlet anda di semua platform online atau media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok dan sebagainya. Anda juga dapat menggunakan Banner atau papan nama yang besar dan menarik.

3. Menjabarkan Estimasi Penghasilan dan Keuntungan

menentukan modal dan keuntungan

Untuk menentukan modal dan keuntungan, langkah ini sangat penting, yaitu untuk mengetahui apakah usaha yang anda jalankan nantinya akan berjalan dengan baik sehingga menghasilkan keuntungan atau sebaliknya. Hindari resiko yang terlalu berat dalam mengambil keputusan untuk menjalankan strategi bisnis laundry.

Lokasi merupakan salah satu faktor mendatangkan keuntungan. Misal anda memilih laundry kiloan yang berlokasi di sekitar kos-kosan, anda dapat menargetkan customer hingga 50 Kg/hari nya. Kemudian anda mengambil keuntungan Rp.5.000/kg, dalam sehari anda mampu memperoleh sebesar Rp. 350.000.

Anda juga perlu menghitung dari kisaran penghasilan untuk biaya air dan listrik. Serta membeli kembali bahan-bahan untuk keperluan mencuci seperti deterjen, pewangi pakaian, pelicin pakaian untuk menyetrika dan keperluan diluar dugaan lainnya. 

Besarnya modal yang masuk didalam aset investasi bisa disisihkan dari penghasilan bulanan sehingga anda sudah bisa menghitung berapa keuntungan bersih yang semestinya anda terima.

Demikianlah cara menentukan modal dan keuntungan serta biaya-biaya lainnya untuk menjalankan bisnis laundry. Anda juga bisa mengurangi biaya administrasi dan pegawai dengan menggunakan Saku Laundry, aplikasi kasir khusus laundry berbasis android.

Selain membantu operasional bisnis laundry anda, aplikasi ini juga akan memberikan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan transaksi dan mengatur semua pemasukan dan pengeluaran. Serta mencegah kecurangan yang dapat dilakukan pegawai.

 

Baca juga: 5 Tips Laundry Mendatangkan Keuntungan Saat Pandemi

Baca juga: 7 Tips Bisnis Laundry Low Budget

Cek Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube