Bagaimana sih caranya menjalankan bisnis laundry low budget? Dalam membuka suatu bisnis laundry, tentu banyak yang harus dipikirkan. Mulai dari lokasi strategi, pemilihan alat-alat seperti mesin cuci, mesin pengering dan setrika. 

Hal yang tak kalah penting adalah budget yang anda miliki dalam membuka bisnis laundry, yaitu anda perlu memperhitungkan jumlah keseluruhan untuk mendirikan sebuah usaha laundry. seperti, apa saja yang harus dibeli untuk membuka sebuah bisnis laundry.

Anda perlu meminimalisir biaya untuk membuka bisnis laundry. namun, anda juga tidak bisa mengabaikan kualitas hanya karena ingin mengeluarkan modal dengan seirit mungkin. Berikut ulasan untuk membuka bisnis laundry low budget.

Keuntungan Membuka Bisnis Laundry Low Budget

  • Jasa laundry merupakan kebutuhan banyak orang

Banyak yang membutuhkan jasa laundry. tidak hanya untuk pakaian saja, tetapi untuk kebutuhan mencuci lainnya yang tidak dapat dilakukan dirumah sendiri. Seperti tikar, bed cover, dan lain sebagainya.

  • Memiliki penghasilan yang lumayan

Pendapatan yang dihasilkan dari penjualan menggunakan jasa laundry memiliki hasil yang lumayan. Kebutuhan orang-orang untuk mencuci merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan oleh masyarakat, terutama yang memiliki kesibukan yang padat. Sehingga dapat anda manfaatkan untuk membuka peluang bisnis.

  • Mudah dijalankan

Bisnis laundry dianggap mudah karena menjalankanya menggunakan mesin, sehingga anda cukup menekan tombol untuk proses mencuci, membilas, dan mengeringkan. 

  • Bisa dikelola dari rumah

Anda dapat menjalankan bisnis laundry sekalipun anda berada di rumah, yaitu dengan menggunakan aplikasi Saku Laundry, bisnis akan dijalankan dengan mudah dan tidak ribet lagi. Ada beragam fitur dengan 4 akun yang terintegrasi.

 

Tips menjalankan Bisnis Laundry Low Budget

1. Mencari lokasi yang strategis

bisnis laundry low budget

Mencari lokasi yang strategis akan memudahkan outlet laundry anda lebih dikenal oleh orang-orang. Anda juga dapat menggunakan papan nama yang besar dan jelas, sehingga akan lebih mudah diketahui dan menjadi pusat perhatian bagi yang melewatinya.

Anda juga dapat membuka laundry di kawasan kampus atau kos-kosan. Pada umumnya mahasiswa akan sibuk dengan urusan perkuliahan dan sibuk mengerjakan tugas sehingga tidak punya waktu untuk mencuci pakaian mereka.

2. Pastikan semua peralatan laundry sesuai budget anda

bisnis laundry low budget

Anda dapat melakukan pencarian referensi terlebih dahulu agar sebelum membeli semua peralatan laundry anda dapat mengestimasi jumlah modal yang akan anda keluarkan. Anda juga perlu memikirkan kualitas, tidak harus mahal tapi anda dapat memilih mesin yang bagus dengan harga yang relatif terjangkau.

3. Perhatikan biaya operasional untuk bisnis laundry low budget

bisnis laundry low budget

Biaya operasional yang baik akan menentukan pengeluaran anda dengan pemasukan yang akan anda peroleh selama menjalankan usaha laundry. biaya yang perlu anda keluarkan seperti, biaya listrik, deterjen, pewangi pakaian, membayar gaji pegawai jika ada, dan biaya tak terduga lainnya yang perlu anda siapkan.

4. Melayani pelanggan dengan sebaik mungkin

bisnis laundry low budget

Melayani pelanggan dengan seramah mungkin akan membuat kesan yang baik kepada pelanggan. Pelanggan akan sangat merasa dibantu dengan pelayanan yang ramah. Berprilaku yang sopan dan tetap sabar dan selalu tersenyum saat menghadapi pelanggan.

5. Menetapkan harga yang sesuai

Langkah ini dapat anda lakukan setelah sebelumnya mencari tahu harga pasar atau melaundry pada umumnya jatuh di angka berapa. Hindari harga yang terlalu mahal agar orang tertarik untuk melaundry di tempat anda. Jangan juga menetapkan harga yang terlalu rendah agar tetap mendapatkan keuntungan. Gunakan harga standar untuk bisnis laundry pada umumnya.

6. Tetap utamakan kualitas

Meskipun anda memiliki modal yang low budget tetapi anda tetap harus mengedepankan kualitas. Kualitas juga tidak selalu tentang harga yang mahal. Anda dapat memberikan kualitas tinggi dengan pakaian yang harum setelah di laundry dan packingan yang rapi. Sehingga pelanggan akan tetap memberi kepercayaannya kembali. 

7. Menggunakan asuransi

bisnis laundry low budget

Menggunakan asuransi untuk usaha laundry anda akan memberikan jaminan untuk kedepannya. Jika sewaktu saat anda akan mengalami masalah anda dapat tercover dengan adanya asuransi di awal. Sehingga anda akan lebih tenang dalam menjalankan bisnis laundry low budget.

Itulah Keuntunngan dan tips bagi anda yang ingin menjalankan bisnis laundry low budget atau dengan modal yang tidak terlalu banyak. Anda dapat melakukan pencarian informasi terlebih dahulu, agar tidak salah dalam menjalankan bisnis.

Baca juga: 5 Cara Membedakan Jenis Laundry

Baca juga: Patut Dicoba! Promosi Bisnis Laundry Kiloan

Cek Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube