Bisnis laundry memang dirasa cukup menguntungkan, tentunya dengan mengatur keuangan laundry dengan tepat dan benar. Banyak dari pebisnis yang mengalami kerugian karena manajemen keuangan bisnis laundrynya mengalami hambatan.

Hambatan ini biasanya didasari karena penanganan yang kurang tepat sehingga menimbulkan kekurangan biaya-biaya operasional. Seperti biaya untuk balik modal yang kurang, atau biaya penanganan laundry yang terkadang terjadi kendala dan masalah lainnya dalam membangun usaha laundry.

Untuk membangun usaha laundry dengan benar, tentu harus dibarengi dengan manajemen keuangan yang tepat. Sehingga seiring berjalannya usaha anda akan mengalami keuntungan dari hasil pengelolaan keuangan. Adapun tips mengatur keuangan laundry berikut ini.

Cara Terbaik untuk Mengatur Keuangan Laundry

1. Memisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis laundry

mengatur keuangan laundry

Memisahkan rekening bisnis laundry dengan rekening pribadi akan sangat berpengaruh terhadap pemasukan dan pengeluaran yang dijalankan. Jika anda masih menggunakan rekening yang sama, sebaiknya anda buat rekening baru khusus untuk bisnis laundry.

Dengan begitu, akan jelas pemasukan yang didapat dari hasil pengerjaan laundry, hingga pengeluaran yang dibutuhkan untuk biaya-biaya operasional untuk menjalankan bisnis laundry. Hal ini juga untuk memudahkan anda menghitung keuntungan dan kerugian yang dialami. 

2. Membuat laporan keuangan yang tepat

mengatur keuangan laundry

Laporan keuangan dalam bisnis laundry juga sangat penting untuk anda buat. Dengan laporan keuangan yang tepat, anda akan lebih mudah mengatur keuangan laundry sehingga anda dapat mengetahui biaya-biaya untuk keperluan operasional laundry.

Anda dapat membuat laporan keuangan pemasukan dan pengeluaran sesuai dengan kategorinya. Misal untuk pemasukan dengan kategori kas dari owner yang selanjutnya anda catat jumlah nominal serta memberikan keterangan lengkap dan tidak lupa sertakan tanggalnya.

Sama halnya dengan pengeluaran. Uang untuk biaya operasional laundry harus jelas digunakan untuk apa dan kapan waktu digunakannya. Sehingga jika anda ingin mengecek keuangan laundry, anda dapat mengetahui biaya apa saja yang sudah dikeluarkan dengan keterangan yang jelas.

3. Memperhitungkan seluruh biaya pengeluaran

mengatur keuangan laundry

Biaya-biaya yang dikeluarkan biasanya terkait dengan yang akan digunakan untuk proses laundry. Seperti membeli deterjen, pewangi pakaian, pelicin pakaian, biaya gas untuk menyetrika, biaya listrik perbulannya dan lain sebagainya.

Untuk mengatur keuangan laundry yang baik tentu perlu adanya manajemen keuangan yang baik pula. Anda harus disiplin dalam menggunakan uang untuk pengeluaran. Contohnya membeli deterjen dengan harga yang terjangkau namun tetap memiliki kualitas yang bagus. Sehingga pengeluaran akan sedikit berkurang.

4. Membagi keuntungan untuk diri sendiri

Posisikan anda sebagai karyawan juga, dimana anda tetap menyisihkan gaji atau keuangan untuk diri anda sendiri. Selain untuk mengapresiasi diri, anda juga akan mengetahui keuntungan yang didapat dari perolehan keuntungan.

Anda juga dapat mengapresiasi diri sendiri setelah sebulan bekerja mengurus bisnis laundry. Dari keuntungan tersebut juga anda dapat mengatur pendapat bersih yang akan anda terima setiap bulannya. Sehingga secara otomatis, anda dapat memisahkan uang untuk pengeluaran lainnya dan pendapat yang akan anda terima dan anda gunakan untuk keperluan pribadi.

5. Mempekerjakan karyawan khusus keuangan yang berkompeten

mengatur keuangan laundry

Hal ini dapat anda lakukan untuk mengatur keuangan laundry dengan baik, dimana ada orang yang dapat mengatur keuangan bisnis laundry anda dengan jelas. Sehingga uang yang masuk maupun keluar sudah dirincikan dengan baik agar mendapat keuntungan.

Aplikasi laundry dari Saku Laundry juga dapat menjadi jawaban untuk mengatur keuangan anda, dimana aplikasi ini akan mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan yang ada dalam fitur Petty Cash. Seluruh biaya-biaya yang ada akan dicatat secara rinci melalui aplikasi kasir laundry terbaik ini.

Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi laundry ini untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran berdasarkan kategori yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan anda. Seluruh laporan keuangan akan tercatat dengan rapi di dalam aplikasi Saku Laundry.

Beberapa tips mengatur keuangan laundry dengan baik dan tepat diatas dapat anda lakukan untuk memantau keuntungan atau kerugian yang anda peroleh dari hasil bisnis laundry yang anda jalankan.

 

Baca juga: Berikut Menghemat Budget Usaha Laundry

Baca juga: 7 Tips Bisnis Laundry Low Budget

Cek Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube