Saat mencuci, tak jarang ada saja masalah yang ditimbulkan pada mesin cuci yang digunakan. Salah satunya adalah mesin cuci bau. Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa mesin cuci yang anda gunakan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Hal ini dapat terjadi karena kesalahan pada mesin yang sudah terlalu sering digunakan atau karena kesalahan proses mencuci yang anda lakukan. Meskipun mesin cuci digunakan untuk mencuci pakaian, namun mesin cuci tetap dapat memungkinkan mengeluarkan bau.

Umumnya penyebab atau faktor utama mengapa mesin cuci anda mengeluarkan aroma yang kurang sedap dikarenakan mesin cuci yang kotor dan jarang dibersihkan. Namun, jika mesin cuci sudah terlanjur mengeluarkan bau, anda perlu mengatasinya dengan cara-cara dibawah ini.

Perlu anda ketahui bagaimana anda mengatasi masalah mesin cuci bau dengan cara yang tepat dan dengan cara yang benar tentunya. Sehingga tidak mengganggu proses mencuci pakaian anda.

Cara-Cara Mengatasi Mesin Cuci Bau

1. Menggunakan cairan pembersih lantai yang memiliki cairan desinfektan

mesin cuci bau

Mesin cuci bau yang ditimbulkan dapat disebabkan karena adanya bakteri atau kuman yang terjebak didalam tabung mesin cuci. Sehingga anda dapat membersihkan bagian dalam mesin cuci dengan cairan pembersih lantai.

Caranya adalah dengan mencampurkan cairan pembersih lantai dengan air di dalam wadah, kemudian sediakan juga kain untuk melap seluruh bagian dalam mesin cuci untuk menghilangkan kuman. Sehingga anda dapat bebas dari mesin cuci bau yang tidak sedap dan juga kuman-kuman yang terjebak di dalam mesin cuci ketika anda telah menyelesaikan proses mencuci pakaian.

2. Masukan cairan pemutih pada laci deterjen mesin cuci

mesin cuci bau

Selain cairan pembersih lantai, anda juga dapat menggunakan cairan pemutih untuk menghilangkan bau yang tidak sedap pada mesin cuci anda. Cairan pembersih juga dipercaya dapat menghilangkan kuman dan kerap kali dijadikan sebagai desinfektan.

Caranya cukup mudah, anda cukup menaruh beberapa cairan pemutih pada laci deterjen dan memutarnya seperti biasa dalam keadaan kosong. Cairan pembersih akan berputar sekaligus membersihkan area bagian dalam mesin cuci. Anda dapat menggunakan cara ini beberapa minggu sekali untuk menghindari timbulnya bau yang tidak sedap yang ditimbulkan karena mesin cuci anda.

3. Memanfaatkan bahan makanan seperti soda kue dan cuka

mesin cuci bau

Bahan-bahan makanan juga dapat anda gunakan jika anda tidak memiliki cairan pembersih untuk mengatasi mesin cuci bau. Hal ini juga tentunya akan lebih aman untuk digunakan jika anda memiliki kulit yang cenderung sensitif.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, pertama anda siapkan setengah gelas soda kue dan 2 sendok cuka, kemudian masukan kedalam mesin cuci yang sudah berisi air setengah tabung. Setelah itu pencet tombol wash agar mesin cuci berputar dan membersihkan tabung dengan sendirinya.

4. Bersihkan sisa-sisa deterjen yang menempel pada karet

Di bagian atas tabung mesin cuci terdapat karet, dan memungkinkan terselipnya sisa-sisa deterjen bubuk dan cairan pelembut pakaian. Hal ini jika dibiarkan terlalu lama akan membuat sisa-sisa deterjen tersebut menjadi kerak.

Sehingga anda harus rutin mengecek serta membersihkan bagian karet mesin cuci dari sisa-sisa deterjen yang menempel agar tidak menjadi kerak dan juga menghindari adanya bau mesin cuci yang kurang sedap yang ditimbulkan.

5. Keringkan dengan benar mesin cuci setelah sudah dibersihkan

 

mesin cuci bauJika proses membersihkan mesin cuci untuk menghilangkan bau sudah selesai. Keringkan dengan lap kering hingga benar-benar dalam keadaan kering. Setelah itu tutup kembali pintu mesin cuci seperti biasa.

Beberapa tips di atas untuk mengatasi mesin cuci bau dapat anda lakukan, untuk mengatasi masalah mesin cuci tanpa khawatir terganggu lagi. Anda dapat mencuci pakaian seperti biasa kembali. Selamat mencoba!

 

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Apek Pakaian

Baca juga: 5 Hal yang dapat merusak Mesin Cuci

Cek Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube