Kebaya merupakan salah satu baju tradisional kebanggaan Indonesia yang patut dilestarikan. Untuk itu, perlu cara khusus dalam merawat kebaya dengan baik dan benar, agar bahan pada pakaian tidak mudah rusak dan tetap awet.

Kebaya memiliki model yang beragam, mulai kutubaru, kutu baru modern, dan yang ditambahkan payet yang membuat pakaian pada kebaya memiliki nilai estetik yang cukup tinggi, sehingga membuat model baju menjadi lebih indah saat digunakan.

Dengan beragam model, gaya, bahan dan juga kerumitan yang terdapat pada bahan baya itu sendiri, mengharus anda untuk merawat pakaian ini agar tetap terlihat seperti baru setiap kali digunakan. Artikel ini akan membahas bagaimana cara merawat dan mencuci kebaya dengan baik dan benar.

Langkah-langkah untuk Merawat Kebaya dengan Tepat

1. Cara Mencuci Kebaya secara khusus

Untuk mencuci kebaya dibutuhkan teknik khusus agar kebaya yang dicuci tidak rusak. Caranya adalah anda dapat menggunakan cara manual dengan merendam kebaya didalam air deterjen selama kurang lebih 10 menit, kemudian kucek secara perlahan.

Jika anda ingin menggunakan mesin cuci dengan teknik Dry Cleaning. Anda juga dapat mengeringkan kebaya dengan tenaga sedang agar kebaya tidak mudah rusak.

2. Menghilangkan noda dengan menggunakan bahan alami

Merawat Kebaya

Jika kebaya anda terkena noda di bagian tertentu, anda dapat menggunakan jeruk nipis untuk mengangkat noda tertentu yang terkena kebaya. Caranya adalah, anda siapkan jeruk nipis dan gosok secara perlahan pada bagian yang terkena noda. Dengan begitu noda yang tertinggal pada kebaya akan hilang.

3. Langkah Menjemur Kebaya

Dibutuhkan cara menjemur yang tepat agar kebaya anda tidak melar dan merusak serat pakaian. Cara menjemurnya anda cukup merentangkannya saja dan mengangin-anginkan kebaya saja. Hindari sinar matahari langsung agar tidak mudah merusak pakaian.

Apabila jika bahan kebaya berbahan lace dan tile, yang mana merupakan bahan yang lebih rentan untuk rusak dan memiliki bahan yang cenderung lebih tipis.

4. Hindari terlalu sering mencuci Kebaya

Terlalu sering mencuci kebaya juga merupakan salah satu penyebab kebaya akan mudah rusak. Sehingga perlu diperhatikan intensitas dalam mencucinya, jangan terlalu sering mencuci kebaya agar warna dan bahan dapat tetap terjaga.

Jika anda hanya menggunakan kebaya sebentar atau tidak terlalu kotor, cukup angin-anginkan saja kebaya tersebut dengan cara yang sama setelah mencucinya, yaitu dengan cara merentangkannya saja tanpa menggunakan gantungan baju.

5. Perhatikan cara menyetrika kebaya dengan benar

Merawat Kebaya

Perlu diperhatikan bahwa menyetrika untuk merawat kebaya tidak dapat dilakukan dengan cara yang sembarangan. Jika anda ingin menyetrika kebaya, anda harus melapisinya dengan kain tipis atau bisa juga menggunakan kertas.

Hindari menggunakan setrika secara langsung mengenai kebaya, karena bahan yang dimiliki kebaya merupakan bahan yang cukup rentan untuk rusak jika terkena suhu yang tinggi, seperti bahan silk, sifon, lace, tile.

6. Cara menyimpan kebaya dengan baik

Untuk merawat kebaya, anda harus tau cara penyimpanan yang benar. Usahakan anda menyimpan di tempat yang khusus dan tidak tercampur dengan pakaian lain. Terutama untuk pakaian dengan bahan lace, tulle, dan kebaya yang disertakan dengan payet-payet dan manik. 

Anda juga dapat memberi alas sebelum menaruhnya di lemari atau di kotak khusus. Sehingga kebaya tidak langsung terkena permukaan lemari maupun kotak. Sedangkan untuk kebaya berbahan organza dan sutra, anda dapat menggantungnya dengan hanger baju di lemari, usahakan agar kebaya menggantung dan tidak terlipat di bagian bawah.

7. Gunakan silica gel di dalam lemari untuk mencegah kelembaban

Merawat Kebaya

Hindari menggunakan kampers, pengharum pewangi, ataupun kapur barus di dalam lemari untuk menyimpan kebaya. Karena kapur barus dapat merusak kebaya yang anda simpan di dalam lemari.

8. Hindari penggunaan parfum secara langsung pada kebaya

Merawat Kebaya

Langkah terakhir yang dapat anda lakukan untuk merawat kebaya adalah tidak menggunakan parfum yang langsung terkena bahan kebaya. Parfum mengandung alkohol yang dapat merusak serat bahan pada kebaya.

Demikianlah langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk merawat kebaya kesayangan anda agar tetap awet dan terlihat selalu bagus saat digunakan. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi kebaya anda menjadi rusak karena anda sudah punya solusi merawat kebaya dengan benar.

 

Baca juga: Merawat Handuk Agar Tidak Berjamur!

Baca juga: Tips Jitu Mencuci Baju Hitam Agar Tidak Pudar

Cek Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube