Melakukan Promosi Bisnis Laundry merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Salah satu bisnis laundry adalah Laundry Kiloan. Jenis usaha yang satu ini dapat menarik perhatian calon konsumen karena harganya yang terjangkau.

Bisnis ini dapat dikategorikan sebagai bisnis rumahan karena tidak memerlukan skill yang tinggi untuk menjalankannya. Promosi adalah hal yang penting untuk memasarkan brand agar dikenal oleh banyak orang.

Perencanaan cara promosi usaha laundry kiloan yang matang dan tepat sasaran akan dapat meningkatkan jumlah pelanggan. Namun, sebagian owner kesulitan untuk mempromosikan usaha mereka.  Apa saja sih yang harus dilakukan owner dalam promos bisnis laundry untuk menarik pelanggan?

Tips-tips Promosi Bisnis Laundry

1. Gunakan Papan Nama yang Besar

Penggunaan papan nama yang besar untuk menunjukan nama brand laundry dapat memberikan kesan pertama yang baik karena dengan begitu orang yang melihat pertama kali akan langsung mengetahui nama brand, jasa yang dijual serta alamat yang tertera di bagian bawah. Hal ini juga akan memberi kesan yang baik untuk calon pelanggan yang akan menggunakan jasa laundry.

2. Buat penawaran menarik kepada pelanggan

Contoh beberapa pelayanan menarik untuk pelanggan seperti cuci sehari jadi, setrika dalam waktu 2 jam, gratis antar antar jemput, jaminan barang tidak tertukar dengan pelanggan lain dan sebagainya. Dengan berbagai penawaran yang ada, hal ini akan menarik perhatian calon konsumen.

3. Gunakan Media Sosial untuk Promosi Bisnis Laundry

Promosi bisnis laundry

Media sosial dapat digunakan untuk mempromosikan sebuah usaha agar lebih banyak dikenal orang. Sehingga dapat menambah pelanggan dan dapat memperoleh keuntungan. Keunggulan lain dalam menggunakan media sosial adalah cara menggunakannya gratis tanpa dipungut biaya apapun.

4. Memanfaatkan Grup Facebook

Bisnis Laundry

Media sosial yang satu ini sangat banyak penggunanya khususnya di Indonesia. Dibanding Instagram, Facebook lebih fleksibel. Tidak hanya update di beranda, promosi dapat dilakukan melalui grup-grup lokal yang dimiliki banyak anggota. Atau mulai dari grup yang anda miliki berisi teman-teman anda.

5. Kerjasama dengan Pemilik Kost

Bentuk kerjasama yang dilakukan dapat berupa bagi hasil. Sebagai gambaran, pemilik kos menawarkan jasa laundry bagi mereka yang menyewa kos. Jika banyak yang tertarik, maka seluruh pakaian kotor ditampung di rumah pemilik kos yang kemudian anda ambil setiap hari untuk di laundry. Lalu, dapat disesuaikan kesepakatan bagi hasilnya.  

6. Buka Cabang di Tempat Lain

promosi bisnis laundry

Membuka cabang atau gerai lain tentunya akan memperluas kesempatan untuk memperoleh keuntungan di bidang jasa laundry. Selain itu membuka outlet lain akan memungkinkan jasa laundry yang dikelola semakin dikenal oleh lebih banyak orang.

promosi bisnis laundry ini hanya dapat dilakukan setelah usaha laundry yang pertama atau sebelumnya sudah mapan dari segi perolehan keuangan, pelanggan, dan karyawan. Dengan begitu, bisnis laundry yang baru di buka akan berkesempatan pula mendatangkan pelanggan. Sehingga owner akan memiliki peluang untuk terus mengembahkan usahanya.

7. Gunakan Jasa Iklan di Media Lokal

promosi bisnis laundry

Cara yang satu ini dapat dilakukan apabila pebisnis laundry telah memiliki anggaran promosi sendiri. Menggunakan media lokal dapat dilakukan seperti memasang iklan di media online contohnya portal berita lokal, selebgram lokal, atau grup Facebook lokal yang menawarkan iklan berbayar atau biasa disebut dengan Facebook Ads.

Owner juga dapat menggunakan iklan banner yang dipasang di pinggir jalan protokol. Namun, perlu diperhatikan untuk membayar pajak reklame terlebih dahulu kepada pemda.Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam memaksimalkan promosi bisnis laundry untuk menambah order laundry kiloan.

Owner dapat menggunakan cara-cara yang tidak berbayar terlebih dahulu, setelah mendapat perolehan lebih atau memiliki biaya khusus untuk promosi, barulah lakukan promosi dengan menggunakan jasa iklan berbayar, baik media cetak maupun media online.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan dalam memaksimalkan promosi bisnis laundry untuk menambah order laundry kiloan. Owner dapat menggunakan cara-cara yang tidak berbayar terlebih dahulu, setelah mendapat perolehan lebih atau memiliki biaya khusus untuk promosi, barulah lakukan promosi dengan menggunakan jasa iklan berbayar, baik media cetak maupun media online.

Baca juga: Detail Dalam Membuka Bisnis Laundry

Baca juga: Buat Bisnis Laundry Kekinian!

Cek juga Youtube kami: Saku Laundry | Youtube