Ada beberapa hal yang harus disiapkan dalam membangun suatu Usaha laundry. Salah satunya adalah pesiapan biaya bisnis laundry. Hal pertama yang harus dipikirkan seorang owner tentu adalah anggaran biaya untuk operasional laundry.

Disinilah tantangan tersendiri dimana owner laundry diuji untuk mengatur dana yang akan dikeluarkan untuk biaya modal awal dalam membangun bisnis laundry. Owner laundry tentu harus mempersiapkan budget yang sesuai.

Hal yang terpenting dalam membeli keperluan laundry adalah kualitas yang mumpuni. Kualitas juga tidak hanya ditentukan dari harganya, terdapat berbagai merek dengan harga yang bervariatif dan kualitas yang berbeda-beda. Untuk selengkapnya mengenai biaya bisnis laundry, simak penjelasannya dibawah ini.

Hal-hal untuk persiapan biaya bisnis laundry

1. Biaya mesin membeli cuci dan mesin pengering

biaya bisnis laundry

Kedua mesin ini merupakan alat yang akan menunjang pekerjaan dalam bisnis laundry. Anda harus selektif dalam memilih mesin yang tepat. Saat ini, sudah berbagai jenis merk dan distributor yang mengeluarkan produk-produk khusus untuk alat-alat bisnis laundry.

Namun, tak jarang dari beberapa merk terkenal memiliki harga yang mahal. Memang tidak ada salahnya jika anda ingin memiliki mesin yang bagus, tetapi perlu diingat untuk tetap menyesuaikan budget untuk membeli mesin-mesin laundry.

Tidak harus mahal, yang terpenting adalah kualitas yang baik. Sehingga penggunaan mesin laundry akan lebih lama untuk digunakan. Pemakaiannya sendiri harus anda pastikan juga untuk selalu berhati-hati, agar mesin laundry tidak mudah rusak.

2. Menentukan tempat dan biaya untuk lokasi 

biaya bisnis laundry

Lokasi adalah tempat yang sangat penting untuk anda pikirkan. Lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat akan mendatangkan banyak order untuk anda. Namun lokasi yang bagus biasanya memiliki harga yang cukup mahal. Pilihlah lokasi yang sesuai juga dengan biaya bisnis laundry yang sudah anda persiapkan.

Untuk itu, anda dapat mempertimbangkan harga lokasi dan tempat yang baik namun tetap mempertimbangkan harga yang sesuai dengan kemampuan anda. Jangan sampai anda justru memaksakan diri. 

3. Biaya untuk membeli deterjen dan pewangi pakaian

Kedua bahan penunjang untuk menjalankan operasional laundry ini terkesan simpel namun memiliki pengaruh yang cukup kuat dan berpengaruh dalam menjalankan bisnis laundry. Pilihlah deterjen yang aman bagi seluruh jenis pakaian dengan harga terjangkau untuk meminimalisir biaya bisnis laundry.

Hindari juga memilih pewangi yang memiliki wangi yang kurang kuat. Jangan sampai karena harga yang ditawarkan sangat murah sehingga anda membeli pewangi secara asal-asalan. Hal ini perlu diperhatikan mengingat dalam menjalankan bisnis anda juga tidak bisa mengesampingkan kualitas jasa yang ditawarkan.

4. Mempersiapkan biaya untuk gaji karyawan

biaya bisnis laundry

Anda perlu selektif dalam memilih pegawai untuk bekerja di outlet laundry anda. Karyawan lah yang akan mengambil peranan penting dalam menjalankan tugas-tugas laundry. Mulai dari menerima order, mengerjakan laundry, hingga pakaian kembali lagi di tangan customer.

Pastikan anda sudah mempersiapkan biaya bisnis laundry khususnya untuk menggaji karyawan yang akan bekerja di outlet laundry anda. Anda juga harus memberikan jam kerja yang sesuai. Selain itu, anda perlu memantau dan melihat kinerja karyawan.

Tak jarang juga, sebagian owner kurang mempercayai kinerja pegawai yang bekerja, karena adanya kemungkinan kecurangan yang dilakukan oleh pegawai laundry. Untuk itu, Aplikasi Saku Laundry hadir untuk membantu owner laundry.

Aplikasi Laundry  ini merupakan aplikasi canggih yang dapat mempermudah operasional laundry, sekaligus memantau kinerja pegawai  laundry yang tengah bekerja. Melalui aplikasi ini juga anda dapat melihat kinerja pegawai yang mengerjakan hingga jumlah potong pakaian dan pengerjaan lainnya. Semua terpantau melalui aplikasi kasir laundry terbaik.

5. Biaya-biaya lain untuk menunjang bisnis laundry

biaya bisnis laundry

Setelah memperici beberapa biaya penting diatas, ada beberapa barang lainnya yang juga masuk ke dalam persiapan biaya laundry. biaya-biaya lain seperti setrika, papan setrika, ember, timbangan untuk menghitung jumlah pakaian pelanggan.

Biaya lain juga termasuk biaya persiapan listrik dan juga biaya gas untuk menyetrika uap. Semua harus diatur dengan baik agar memperoleh keuntungan sehingga anda akan lebih mudah menyisihkan biaya bisnis laundry yang harus dipersiapkan.

 

Baca juga: Langkah Mengatur Keuangan Laundry

Baca juga: Berikut Menghemat Budget Usaha Laundry

Cek Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube