Jika anda sedang merintis laundry atau memiliki usaha di bidang laundry, anda perlu melengkapi usaha anda dengan peralatan cuci karpet. Agar tempat laundry anda lebih bervariatif lagi dalam memberikan layanan untuk mencuci.

Outlet laundry anda juga akan semakin lengkap dengan adanya layanan baru. Sehingga, pelanggan yang biasanya hanya mencuci pakaian saja bisa upgrade untuk menggunakan laundry anda dengan menggunakan layanan cuci karpet. 

Sehingga anda omzet anda akan kian bertambah dengan layanan baru. Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan layanan atau melengkapi layanan cuci karpet yang sudah ada. Lantas apa saja peralatan cuci karpet di laundry yang dibutuhkan untuk mencuci, simak ulasannya berikut.

Peralatan Cuci Karpet yang Baik

1. Alat Vacuum Cleaner Wet and Dry (Penyedot Debu)

peralatan cuci karpet

Tahapan pertama dalam mencuci karpet adalah memastikan bawa tidak ada lagi debu-debu yang menempel sebelum masuk ke proses mencuci. Jika debu masih menempel pada saat proses mencuci, akan lebih sulit untuk mengeluarkan kotoran yang menpel. Sehingga Peralatan cuci karpet untuk menyedot debu dibutuhkan.

Untuk mengangkat debu kering, anda dapat menggunakan cleaner dry. Vacuum cleaner juga dapat digunakan untuk mengangkat air. Sehingga ketika proses pencucian sudah selesai, air akan diserap oleh vacuum cleaner wet.

2. Alat Polisher (Penyikat)

peralatan cuci karpet

Jika laundry yang anda jalankan masih menggunakan sistem menyikat secara manual maka, anda dapat menggunakan alat yang satu ini untuk menyikat karpet agar lebih mudah dan praktis saat dibersihkan, yaitu menggunakan alat polisher.

Mesin ini bekerja dengan cara berputar dengan cepat secara otomatis. Karena mesin yang bekerja secara otomatis, akan memudahkan anda agar tidak lagi memerlukan tenaga ekstra untuk menyikat karpet secara manual dengan tangan sendiri.

3. Jet Pleasure Cleaner

Setelah proses pencucian sudah berlangsung, anda dapat menggunakan alat jet pleaseru cleaner untuk membilas karpet dari busa dan sisa sabun yang masih menempel setelah proses pencucian dengan menggunakan alat polisher (menyikat).

Peralatan mencuci karpet yang satu ini akan mengeluarkan air dengan tekanan yang tinggi, yang mampu mengangkat kotoran serta busa dan sisa-sisa deterjen yang masih menempel. Sehingga, proses membilas akan lebih maksimal dengan menggunakan jet pleasure cleaner.

4. Alas Karpet

peralatan cuci karpet

Peralatan cuci karpet selanjutnya adalah Alas karpet. alat ini juga dibutuhkan dalam proses mencuci karpet. Alat ini merupakan alat yang paling sederhana dan digunakan untuk mengalasi karpet agar tidak langsung terkena lantai. Selain itu, dengan menggunakan alas karpet juga akan mempermudah proses mencuci karpet.

Meskipun alat ini yang satu ini terkesan sangat sederhana, namun alas karpet memiliki fungsi yang cukup penting dalam proses mencuci karpet. Harganya pun bervariatis ada yang murah, terjangkau sampai yang mahal tergantung kualitas yang dimiliki.

5. Blower (Pengering)

peralatan cuci karpet

Proses pengeringan karpet dapat dimaksimalkan kembali dengan alat Blower. Setelah melakukan penyedotan air dengan menggunakan vacuum cleaner wet, blower dapat digunakan untuk mengeringkan karpet agar lebih kering.

Karpet memiliki bahan yang cukup tebal, sehingga akan lebih sulit untuk kering, dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memastikan karpet dalam keadaan yang kering dan bukan lebab. Sehingga tidak akan menimbulkan jamur karena permukaan karpet yang belum kering sepenuhnya.

Demikianlah beberapa peralatan cuci karpet unutuk usaha laundry. Mungkin ada beberapa alat yang sangat awam ditelinga. Sehingga anda perlu mengetahui lebih dalam untuk memastikan peralatan cuci karpet sudah benar dan tepat, agar tidak asal membeli.

Anda juga dapat melakukan research terlebih dahulu untuk mengetahui produsen yang terpercaya. Sehingga anda akan lebih pasti untuk memulai pelayanan jasa cuci karpet yang dibutuhkan. Anda juga tidak perlu ragu lagi untuk memilih peralatan cuci karpet yang terbaik.

Baca juga: Detail Dalam Membuka Bisnis Laundry

Baca juga: 3 Jenis Mesin Cuci Untuk Laundry

Cek juga Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube