Jika anda mencuci dengan menggunakan mesin cuci maka anda perlu menghindari beberapa kesalahan mencuci yang tanpa anda sadari anda lakukan. Tidak hanya dapat merusak pakaian, kesalahan dalam mencuci pakaian terkadang juga membuat mesin cuci anda rusak.

Anda harus berhati-hati saat menggunakan mesin mencuci karena dikhawatirkan pakaian yang anda cuci justru akan menjadi kotor atau bahkan rusak karena proses mencuci yang kurang tepat. Apalagi jika mesin cuci anda yang jadi rusak.

Untuk itu, anda harus mengetahui beberapa kesalahan yang sering terjadi ketika anda mencuci pakaian di mesin cuci. Agar pakaian yang anda cuci menjadi bersih dan anda juga dapat menghindari terjadinya kerusakan pada mesin cuci anda.

Beberapa Kesalahan Mencuci yang Harus Anda Hindari

1. Terlalu banyak memasukan pakaian kedalam mesin cuci

kesalahan mencuci

Memasukan pakaian terlalu banyak ke dalam mesin cuci untuk sekali memutar saja merupakan salah satu kesalahan mencuci, akan menyebabkan pakaian anda menjadi rusak karena berputar dengan banyak pakaian lainnya. Selain itu, akan membuat pakaian kurang maksimal bersihnya.

Tidak hanya pada pakaian yang dicuci. Kerusakan juga dapat berdampak pada mesin cuci yang digunakan dalam jumlah pakaian yang banyak. Hal ini dikarenakan mesin cuci akan bekerja lebih keras dan memaksakan berputar dengan tenaga yang tidak seharusnya.

Untuk itu, jika anda ingin mencuci dengan mesin cuci biasa, anda perlu mempertimbangkan jumlah pakaian yang akan dicuci. Pastikan pakaian tidak sampai penuh, atau anda dapat memperkirakan pakaian terisi setengah tabung mesin cuci.

Jika cucian anda sedang banyak, maka anda dapat menggunakan mesin cuci dua kali, sehingga dapat menghindari kesalahan mencuci yang mana mengakibatkan pakaian terlalu banyak. Umumnya mesin cuci juga akan mengeluarkan indikator “Full” jika mesin cuci terlalu penuh.

2. Tidak memilih baju sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci

kesalahan mencuci

Hal ini juga berkaitan dengan tips diatas dimana seharusnya anda memilih-milih atau mengelompokan pakaian sebelum memasukkannya kedalam mesin cuci. Sehingga dapat menghindari kesalahan mencuci pakaian yang dapat tercampur satu sama lain baik dari kain yang halus maupun yang kasar.

Cara pengelompokannya pun cukup mudah, seperti memisahkan pakaian yang mudah luntur dengan pakaian berwarna soft atau warna-warna terang dan baju polos. Hindari juga mencampur pakaian lainnya dengan celana hitam atau pakaian berwarna hitam lainnya.

Anda juga dapat memisahkan pakaian yang lembut dan memiliki serat kain yang halus dengan pakaian yang kasar atau kaku, untuk menghindari pakaian berbahan lembut rusak karena terkena pakaian lainnya.

Untuk dalaman, anda dapat menggunakan kantong transparan khusus untuk mencuci pakaian-pakaian yang kecil. Hal ini untuk menghindari pencampuran dalaman dengan pakaian lainnya seperti celana panjang, jaket dan lain sebagainya.

3. Membiarkan noda pada pakaian 

kesalahan mencuci

Untuk menghindari kesalahan mencuci, pastikan sebelum mencuci pakaian, anda perhatikan pakaian atasan maupun bawahan tidak terdapat noda. Jika ada, pastikan anda sudah mencuci secara terpisah sebelum memasukkannya kedalam mesin cuci agar noda lebih mudah hilang.

Noda pada pakaian yang dibiarkan dapat membuat noda menjadi menyebar ke pakaian lain. Jika noda tersebut sulit hilang, maka mesin cuci juga tidak akan berhasil untuk menghilangkan noda membandel. Sehingga anda dapat mencuci dengan tangan dan sedikit sabun untuk memastikan bahwa noda tersebut sudah hilang sebelum masuk ke dalam mesin cuci.

Beberapa tips untuk menghindari kesalahan mencuci di mesin cuci diatas dapat anda lakukan untuk menghindari kerusakan baik pada pakaian maupun pada mesin cuci anda, agar pakaian menjadi lebih bersih dan anda juga dapat menghindari mesin cuci anda rusak.

 

Baca juga: Tips Mencuci Jadi Menyenangkan

Baca juga: 5 Hal yang dapat merusak Mesin Cuci

Cek Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube