Usaha laundry sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk mencuci pakaian dan lainnya. Namun  anda harus pastikan pakaian laundry tidak tertukar, untuk tetap menjaga kepercayaan pelanggan agar terus menggunakan jasa laundry anda.

Pakaian customer yang tertukar biasanya disebabkan karena keteledoran dari karyawan itu sendiri. Meski sudah berhati-hati, terkadang ada saja masalah terkait komplain customer yang bajunya tertukar atau kurang.

Sehingga anda harus mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam bisnis agar pakaian laundry tidak tertukar antar customer. Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana cara yang tepat agar kejadian seperti ini tidak terjadi. Berikut dibawah ini ulasannya.

Langkah-langkah Agar Pakaian Laundry Tidak Tertukar

  • Menghitung jumlah potong pakaian

Pakaian laundry tidak tertukar

Agar pakaian laundry tidak tertukar, hitunglah jumlah pakaian pelanggan yang akan di proses laundry. Anda harus memastikan bahwa jumlah pakaian saat diterima dan nantinya akan dikirim kembali kepada customer dalam jumlah yang sama.

Setelah menghitung jumlah potong pakaian, pastikan juga anda sudah mencatat semua jumlah pakaian dan menulisnya di nota pembayaran. Sehingga nantinya akan ada bukti keseluruhan jumlah pakaian yang dilaundry.

  • Memberi label sesuai nota

pakaian laundry tidak tertukar

Cara ini dapat anda lakukan agar pakaian tidak tertukar antara pelanggan satu dengan pelanggan lainnya. Ada dapat memberi label ke setiap pakaian yang akan di laundry setelah melalui proses pengelompokan pakaian.

Anda dapat menggunakan tag gun agar pakaian laundry tidak tertukar. Meskipun cara ini dinilai cukup sulit untuk dilakukan. Namun kemungkinan pakaian tertukar akan sangat sedikit. Pakaian pelanggan akan terjamin karena sudah ditempelkan dengan  tag gun yang sudah ditulis dengan kode khusus. 

  • Memberi kantong secara tertutup pada pakaian pelanggan

pakaian laundry tidak tertukar

Setelah mendapat kantong laundry dari customer, sebaiknya anda langsung menutup dengan rapat kantong yang berisi pakaian dari pelanggan. Hal ini akan membuat pakaian laundry tidak tertukar pada saat pencucian nanti.

Karena tak jarang, tertukarnya pakaian karena perlengkapan yang kurang memadai dan kurang benar sehingga membuat pakaian antar customer jadi tertukar. Untuk itu, anda perlu benar-benar memastikan bahwa seluruh kantong pakaian dalam keadaan tertutup atau terikat dengan benar. 

  • Menggunakan Aplikasi Saku Laundry 

pakaian laundry tidak tertukar

Saku Laundry adalah aplikasi kasir laundry berbasis android. Aplikasi ini akan memudahkan anda dalam mengurus keuangan, operasional laundry, hingga memberi keamanan dan kenyamanan dalam menjalankan bisnis laundry.

Dalam aplikasi ini terdapat fitur order di dalam akun kasir yang digunakan untuk membuat order dan mencatat jumlah pakaian customer yang akan di laundry. Sehingga anda tidak lagi membutuhkan catatan atau kertas nota untuk mencatat semua transaksi.

Kemudian ada fitur ‘list order’, yang berfungsi untuk menjalankan mesin serta memberi tahu siapa yang menjalankan mesin dan melakukan tiap proses laundry. Setiap pengerjaan akan diminta untuk menulis siapa yang mengerjakan. Sehingga anda dapat mengetahui pakaian customer tertentu dikerjakan oleh siapa. 

  • Mengecek kembali seluruh pakaian customer

Langkah terakhir agar pakaian laundry tidak tertukar adalah anda harus mengecek kembali seluruh pakaian customer, baik yang akan diproses maupun yang sudah selesai di proses laundry. Pengecekan harus anda lakukan dua kali untuk benar-benar memastikan seluruh pakaian customer dalam jumlah yang sama dan sesuai.

Anda dapat melakukan pengecekan dengan melihat nota yang tertera di nota sesuai dengan pemesanan customer. Sesuaikanlah semua pakaian yang sudah selesai melalui proses laundry dengan nota yang ada untuk memastikan pakaian laundry tidak tertukar.

 

Baca juga: Cara Memilih Setrika untuk Laundry

Baca juga: Cara Memilih Setrika untuk Laundry

Cek juga Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube