Mencuci merupakan kegiatan yang dibutuhkan bagi masyarakat. Tapi tahukah anda terdapat mitos seputar mencuci yang menarik dan sayang jika anda lewatkan? Ada beragam hal menarik seputar laundry yang belum anda ketahui.

Rumor yang berkembang di masyarakat seputar laundry ternyata belum sepenuhnya benar. Banyak dari rumor yang beredar tidak memiliki bukti bahkan faktanya membuktikan sebaliknya dengan yang terjadi sebenarnya. 

Sehingga anda perlu jeli, bahwa ada fakta dan mitos seputar laundry yang masih berkembang di sekitar kita namun tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi. Berikut ini ulasan mengenai mitos – mitos seputar laundry.

Beberapa Mitos Seputar Mencuci yang Perlu Anda Ketahui

  • Pengering dengan suhu tinggi agar pakaian cepat kering

mitos seputar mencuci

Rumor yang beredar menyatakan bahwa mengeringkan pakaian dengan suhu panas yang tinggi akan membuat pakaian lebih cepat kering, sehingga tidak perlu dilakukan penjemuran dan apabila mungkin hanya membutuhkan waktu yang sebentar untuk menjemur.

Namun, cara ini salah jika anda lakukan, karena suhu panas yang terlalu tinggi justru akan mengakibatkan pakaian anda menyusut. Hal ini tentu akan mengurangi kualitas pakaian anda. Untuk itu perlu diperhatikan untuk mengangkat pakaian hingga setengah kering.

  • Mitos seputar mencuci, menggunakan banyak deterjen agar makin bersih

mitos seputar mencuci

Menggunakan banyak deterjen, tentu akan lebih banyak busa yang keluar, dan hal ini dipercaya oleh banyak orang akan membuat noda pakaian cepat hilang. Faktanya, sebaiknya anda tidak melakukan hal ini untuk mencegah kerusakan pada pakaian dan mesin cuci. 

Pertama, pakaian akan kurang bersih karena sabun yang digunakan terlalu banyak. Tidak hanya berefek pada pakaian, tetapi deterjen yang terlalu banyak digunakan juga akan berdampak pada mesin cuci yang digunakan, dimana mesin cuci akan menjadi rusak. Untuk itu, gunakanlah deterjen secukupnya.

  • Kaos kaki, dalaman, dan pakaian kecil hilang tiba-tiba

mitos seputar mencuci

Kaos kaki, dalaman dan pakaian-pakaian kecil lainnya tiba-tiba menghilang? barang-barang kecil ini masuk ke dalam Mitos seputar mencuci Jangan menaruh curiga yang tidak-tidak dulu. Bisa jadi disebabkan karena pakaian kecil tersebut masuk kedalam mesin cuci saat proses pencucian.

Terutama pada saat mengeringkan atau spin. Perputaran mesin cuci yang sangat cepat dan kencang memungkinkan pakaian yang bentuknya kecil masuk ke dalam sela-sela mesin cuci. Untuk itu, anda perlu memperhatikan proses mencuci yang tepat.

Anda juga dapat menggunakan kantong laundry sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci, agar tidak tercecer kemana-mana. Sehingga anda tidak perlu mencemaskan lagi pakaian yang kecil karena hal ini hanya mitos seputar mencuci yang sudah terbukti faktanya.

  • Menggunakan hair spray akan membuat noda tinta hilang

mitos seputar mencuci

Mitos seputar mencuci yang terakhir adalah Hair spray, dimana hair spray dipercaya dapat menghilangkan noda dengan baik. Cukup dengan menyemprotkan hair spray di atas permukaan noda tinta, maka noda secara perlahan akan hilang dengan sendirinya. Namun, hal ini berguna untuk hair spray yang memiliki kandungan alkohol di dalamnya.

Sementara saat ini, cukup sulit untuk mendapatkan hair spray yang memiliki alkohol. Anda dapat menggunakan cara lain untuk menghilangkan noda tinta yang tak kalah ampuh untuk dicoba. Salah satunya anda dapat menggunakan aseton pembersih cat kuku.

Beberapa mitos seputar laundry diatas akan membuat anda lebih berhati-hati lagi dalam mencuci. Sehingga anda dapat membedakan mana yang fakta dan mana yang hanya mitos seputar laundry dan urusan mencuci pakaian. 

 

Baca juga: 5 Barang Yang Sebaiknya Menggunakan Laundry

Baca juga: Tips Aman Menggunakan Laundry Saat Pandemi

Cek Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube