Tahukah anda bahwa ada beberapa bahan yang sebaiknya tidak dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Jika anda mencucinya dengan mesin cuci akan berakibat pakaian tersebut menjadi rusak.

Hal ini dapat anda hindari dengan memilah atau mengelompokan pakaian terlebih dahulu sebelum memasukkannya kedalam mesin cuci. Anda harus memperhatikan juga symbol care atau label cara mencuci yang benar pada pakaian sebelum anda mencucinya.

Untuk itu, perhatikanlah beberapa bahan pakaian yang sebaiknya anda hindari untuk mencuci dengan menggunakan mesin cuci. Sehingga anda dapat menghindari terjadinya kerusakan pada pakaian. Berikut ini ulasannya untuk anda.

Beberapa bahan yang sebaiknya tidak dengan mesin cuci 

  • Hindari memakai pakaian berbahan Sutra kedalam mesin cuci

dengan mesin cuci

Bahan sutra memiliki bahan yang cukup halus dan lembut. Serat-serat pada kain sutra yang halus juga akan membuat serat-serat pakaian rusak dan menyusut jika anda cuci dengan mesin cuci untuk mencuci kain sutra.

Untuk mencucinya, anda perlu mempercayakan jasa laundry. Pada umumnya bahan sutra akan lebih baik dicuci dengan metode ‘dry cleaning’ sehingga pakaian berbahan sutra tidak mudah rusak dan dapat digunakan seperti baru.

  • Kain berbahan wol sebaiknya tidak dimasukan kedalam mesin cuci

dengan mesin cuci

Mencuci pakaian berbahan wol seperti sweater, jaket dan jenis pakaian lainnya yang memiliki bahan wol. Sebaiknya anda tidak mencuci bahan ini dengan mesin cuci. Hal ini akan membuat bahan wol menjadi rusak serta akan membuat pakaian berbahan wol menyusut.

Untuk itu, sebaiknya anda hindari untuk mencuci baju berbahan wol di mesin cuci. Sehingga anda dapat menghindari terjadinya kerusakan pada pakaian berbahan wol agar serat-serat tetap terjaga dengan baik. 

  • Perhatikanlah pakaian yang memiliki bahan berstruktur

dengan mesin cuci

Pakaian berstruktur juga perlu anda perhatikan untuk tidak dimasukan ke dalam mesin cuci saat proses mencuci. Pakaian berstruktur contohnya adalah pakaian baik atasan maupun bawahan yang yang bertekstur plisket. Atau bisa juga pakaian yang memiliki bantalan bahu.

Seluruh pakaian yang memiliki struktur yang tidak biasa dapat menyebabkan kerusakan berupa perubahan bentuk yang tidak seperti awal lagi jika anda menggunakan mesin cuci. Untuk itu anda dapat mempercayakan proses mencuci dengan jasa laundry

  • Pakaian dengan payet atau memiliki detail manik-manik

dengan mesin cuci

Pakaian dengan manik-manik atau payet yang menempel sebagai aksesoris pakaian dapat menyebabkan pakaian menjadi tersangkut-sangkut satu sama lain jika anda mencuci dengan mesin cuci untuk membersihkannya.

Untuk itu, anda perlu memperhatikan pakaian yang memiliki payet atau manik-manik sebagai hiasan pakain anda untuk menghindari adanya kerusakan pada mesin cuci anda. Sebaiknya gunakan air hangat untuk mencuci pakaian dengan payet atau manik-manik.

  • Pakaian berbahan kulit sebaiknya tidak dicuci di mesin cuci

dengan mesin cuci

Pakaian berbahan kulit juga perlu anda hindari untuk di cuci dengan mesin cuci. Hal ini akan mengakibatkan pakaian berbahan kulit tersebut menjadi rusak dan tentunya akan merubah bentuk pada jaket kulit anda.

Air juga akan menyebabkan penyusutan pada pakaian berbahan dasar kulit. Jika pakaian atau jaket kulit anda terkena noda, sebaiknya gunakan tisu basah bayi untuk membersihkannya. Gosok secara perlahan hingga noda yang menempel hilang.

Beberapa bahan pakaian diatas yang sebaiknya tidak anda cuci dengan mesin cuci. Sehingga anda dapat menghindari terjadinya kerusakan pada pakaian kesayangan anda. Untuk membersihkannya anda dapat mempercayakan jasa laundry cuci kering.

 

Baca juga: 7 Langkah Mudah Merawat Jeans Hitam Anda

Baca juga: Hindari 3 Kesalahan Mencuci di Mesin Cuci

Cek Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube