Bagi owner laundry, menata tempat laundry mungkin menjadi kesulitan tersendiri bagi sebagian orang yang tidak terlalu mengerti tata letak yang baik dan desain interior yang benar untuk meletakan perabotan dan perlengkapan laundry lainnya agar terlihat rapi dan menarik.

Desain yang unik pada tempat laundry anda akan menambah kesan tersendiri bagi pengunjung yang ingin menggunakan jasa laundry anda. Menata tempat laundry akan terlihat rapi dan menarik jika penataanya tepat. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi owner karena penataan yang tepat akan menjadi point plus bagi outlet anda.

Untuk itu, perlu anda perhatikan bagaimana cara peletakan setiap perabotan mulai dari mesin cuci, mesin pengering, rak penyimpanan baju, tempat menyetrika dan sebagainya. Sehingga tampilan outlet laundry anda akan selalu terlihat bersih dan nyaman bagi customer. Simak ulasannya dibawah ini.

Cara Menata Tempat Laundry Agar Terlihat Lebih Menarik

1. Menggunakan material interior yang tahan akan air

menata Tempat Laundry

Proses mencuci tentu menggunakan air, untuk itu anda perlu memilih material yang aman jika terkena air. Bahan ini dapat anda gunakan di bagian untuk mencuci saja, sehingga anda tidak perlu menggunakan material tahan air untuk seluruh ruang laundry.

Menata tempat laundry dengan cara ini akan menghindari tembok menjadi rusak apabila terkena cipratan air dari proses mencuci. Selain itu ruangan akan terlihat lebih bagus dari waktu ke waktu. Sehingga anda dapat menghemat budget untuk merapikan sudut-sudut yang kurang baik.

Pilihlah warna yang menarik dan cerah agar memberi kesan hidup pada area laundry anda. Dalam menata tempat laundry, pemilihan material merupakan hal yang sangat penting, untuk menjamin ketahanan barang-barang yang digunakan.

2. Menggunakan rak yang cukup tertutup untuk menghindari debu

menata Tempat Laundry

Rak juga tak kalah penting untuk menata tempat laundry. Pilihlah rak yang agak tertutup untuk menghindari baju yang sudah selesai di laundry terkena debu. Pemilihan rak juga bisa disesuaikan dengan luas ruangan laundry anda.

Penggunaan rak juga dapat dimaksimalkan untuk menutupi bagian belakang, tempat proses mencuci berlangsung. Sehingga tidak terlihat berantakan bagi pengunjung yang sedang berada di depan untuk melaundry dan dapat difungsikan sebagai pembatas ruang.

3. Berikan pencahayaan yang tepat seperti menambahkan lampu

menata Tempat Laundry

Penggunaan lampu-lampu tambahan di beberapa titik di ruangan laundry anda juga akan memberikan kesan hangat dan unik ketika cahaya dipantulkan. Sehingga, penglihatan di dalam ruangan juga akan lebih nyaman.

Selain itu penggunaan lampu untuk ruangan laundry juga dapat anda maksimalkan jika ruangan laundry anda kurang mendapat sinar matahari langsung yang dipantulkan melalui jendela kaca. Sehingga anda dapat menggunakan lampu di dalam ruangan atau bisa juga diletakan di rak penyimpanan.

4. Gunakanlah warna terang pada rak 

menata Tempat Laundry

Menggunakan warna gelap untuk rak akan mengurangi keunikan yang ditonjolkan pada ruangan laundry. anda dapat menggunakan warna-warna yang terang atau warna pastel yang saat ini cukup musim di kalangan masyarakat.

Penggunaan warna terang akan memberi kesan hidup pada ruangan. Peletakan rak juga harus pas dan sesuai agar dapat terlihat oleh para customer yang ingin mencuci di tempat laundry anda. Cara ini dapat anda lakukan untuk menata tempat laundry anda.

5. Meletakan meja resepsionis di depan

menata Tempat Laundry

Meletakan meja resepsionis di bagian depan akan mempermudah karyawan untuk memilah pakaian yang akan di laundry. selain itu, meja juga akan membatasi antara ruangan depan dan belakang serta memisahkan antara ruangan pelanggan dan karyawan.

Itulah tips menata tempat laundry anda agar terlihat lebih menarik dan rapi. Sehingga akan menambah daya tarik pelanggan laundry serta akan membuat pelanggan merasa nyaman selama berada di outlet laundry anda. Selamat mencoba!

Baca juga: Langkah Mudah Membuka Cabang Laundry

Baca juga: Buat Bisnis Laundry Kekinian!

Cek Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube