Mencuci karpet merupakan hal yang sangat merepotkan karena ukurannya yang terlalu besar, tentu membutuhkan tenaga. Khususnya mencuci karpet bulu, tipe karpet yang satu ini cukup lentur dibanding dengan jenis karpet vinyl roll yang memiliki jenis yang cukup berbeda pada karpet biasanya.

Ukuran yang cukup tebal dan lebar dengan tingkat ketebalan pun berbeda dengan karpet pada umumnya. yaitu berkisar antara 0,5 mm sampai dengan 2,2 mm. Karpet bulu cenderung lebih mudah dicuci dan memungkinkan untuk menggunakan mesin cuci dalam proses mencucinya.

Karpet bulu digunakan untuk bersantai atau bisa juga digunakan ketika ada acara-acara tertentu yang mengharuskan untuk menggunakan karpet sebagai alas duduk lesehan. Tak jarang, karpet jenis ini digunakan sebagai hiasan yang diletakan untuk melengkapi perabotan di kamar tidur.

Namun, karena digunakan sebagai alas, karpet bulu sangat rentan untuk terkena kotoran apalagi jika warna karpet bulu berwarna terang, akan sangat mudah untuk kotor.

Langkah-langkah mencuci karpet bulu

  • Gunakan vacuum cleaner sebelum mencuci

mencuci karpet

Hal yang pertama anda lakukan dalam mencuci karpet bulu adalah, gelar karpet lalu bersihkan debu dan kotoran yang menempel dengan menggunakan vacuum cleaner. Hal ini digunakan untuk memaksimalkan proses mencuci, sehingga lebih mudah dibersihkan.

  • Proses Mencuci, Bilas dan Mengeringkan Karpet Bulu

Masukan karpet bulu ke dalam mesin cuci, pilih pengaturan mencuci biasa dan dengan jenis chemical seperti biasa mencuci pakaian dengan warna yang terang. Jangan lupa untuk menggunakan pelembut pakaian ketika ingin membilas karpet, agar karpet lebih harum. Ketika anda ingin mengeringkan, usahakan putar 2 kali atau gunakan fitur extra dry jika ada agar karpet yang telah dicuci lebih mudah kering. Sehingga akan lebih terhindar dari bau apek.

  • Cara Menjemur Karpet Bulu dengan Benar

Setelah mencuci, keluarkan karpet lalu jemur karpet segera dengan cara diangin-anginkan atau anda dapat menggunakan sirkulasi udara langsung. Hindari menjemur dengan sinar matahari langsung untuk menjemur karpet bulu, karena akan merusak serat-serat bulu pada karpet. Proses menjemur juga sangat penting agar karpet tidak berbau apek.

  • Taburi karpet dengan Soda Kue untuk Menghindari Bau yang Tidak Sedap

mencuci karpet

Jika karpet dipastikan sudah kering, taburkan soda kue di atas karpet bulu untuk menghindari bau setelah mencuci karpet. Diamkan selama beberapa saat. Bahan yang tebal tentu akan cukup sulit untuk kering, sehingga soda kue juga berfungsi untuk menyerap lembab. Kemudian, bersihkan kembali taburan soda kue dengan vacuum cleaner.

  • Cara Meletakan Kembali Karpet Bulu yang Sudah Dicuci

Setelah semua proses mencuci dan mengeringkan selesai, peletakan karpet bulu juga perlu diperhatikan untuk menghindari kuman dan debu yang akan menempel ketika karpet sedang tidak digunakan lagi.

Caranya adalah dengan menggulung karpet, setelah itu anda ikat karpet bulu yang sudah bersih. Lalu, lapisi karpet dengan plastik agar tidak ada debu yang menempel. Sehingga, ketika karpet ingin digunakan kembali, karpet sudah berada dalam keadaan yang rapi dan bersih.

Itulah langkah-langkah dalam mencuci karpet bulu dengan menggunakan mesin cuci. Perhatikan juga mesin cuci yang akan digunakan, apakah memungkinkan untuk mencuci karpet di dalam mesin cuci, jangan sampai mesin cuci anda menjadi rusak karena memaksakan mencuci karpet dengan menggunakan mesin cuci.

Baca juga: Langkah Tepat Mencuci Gorden Agar Tidak Rusak

Baca juga: Cara Mudah Mencuci Bantal Dengan Maksimal

Cek juga Youtube kita di: Pakai aplikasi jadi mudah !!!