Hal yang sering dilupakan adalah tidak memperhatikan mencuci material pakaian tertentu yang memiliki keberagaman bahan dan serat kain yang berbeda-beda. Dimana pakaian anda memiliki material pakaian yang tidak selalu sama dengan lainnya.

Ada yang memiliki serat kain yang halus ada yang kasar, ada pula yang hanya dapat dicuci dengan mode khusus (Delicate) ada pula yang bahkan tidak dapat menggunakan deterjen tertentu untuk mencucinya. Sehingga setiap jenis bahan memiliki trik tersendiri dalam membersihkannya, anda perlu memperhatikan cara mencuci pakaian sesuai bahan dari baju yang anda miliki.

Jika anda sembarangan dalam mencucinya, maka fatalnya pakaian yang ingin anda bersihkan malah rusak dan tidak dapat digunakan kembali. Untuk itu, ada beberapa tips jitu dan penting tentang bagaimana cara mencuci pakaian sesuai bahan dari baju tersebut, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Beberapa Tips Penting Mencuci Pakaian sesuai Bahan

1. Mencuci pakaian berbahan sutra

mencuci pakaian sesuai bahan

Pakaian yang memiliki bahan sutra dapat anda bersihkan dengan cara dry-cleaning. Proses mencuci ini juga aman untuk pakaian meski cuci kering menggunakan zat kimia tertentu untuk membersihkan pakaian tanpa menggunakan air.

Cara mencuci pakaian sesuai bahan sutra biasanya dilakukan oleh profesional atau menggunakan jasa laundry. Kain sutra memiliki kain yang halus dan cenderung sensitif, sehingga cara membersihkannya pun dibutuhkan ketelitian agar tidak merusak pakaian.

2. Mencuci pakaian berbahan katun

mencuci pakaian sesuai bahan

Pakaian berbahan dasar katun sering kita jumpai di berbagai model pakaian khususnya atasan. Tidak hanya untuk wanita, kain katun juga dapat digunakan pada pakaian pria dengan model yang beragam. Namun, beberapa orang kesulitan untuk mencuci material pakaian katun.

Padahal bahan ini termasuk jenis pakaian yang cukup nyaman untuk digunakan. kain katun juga memiliki serat kain yang cenderung mudah sobek jika anda tidak mencucinya dengan hati-hati. Sehingga perlu diperhatikan dalam mencuci bahan katun agar tidak terjadi kerusakan apalagi hingga sobek.

3. Pakaian berbahan kulit dan suede

mencuci pakaian sesuai bahan

Material pakaian kulit umumnya kita lihat untuk dijadikan sebagai jaket. Tak heran karena bahan kulit memiliki serat kain yang kokoh dan tebal sehingga akan sangat berguna untuk dijadikan sebagai luaran atau jaket.

Akan tetapi, mencuci pakaian sesuai bahan dasar kulit ataupun jenis lain seperti suede, jika sudah terkena noda itu bisa menjadi ancaman besar dimana noda yang menempel umumnya sulit untuk keluar. Sehingga anda harus menggunakan cairan khusus penghilang noda yang aman bagi pakaian berbahan dasar kulit maupun suede.

4. Pakaian berbahan kasmir

Bahan kain kasmir juga umumnya mirip dengan kain sutra yang memiliki serat kain yang sangat halus dan lembut. Dimana pakaian ini akan sangat sensitif apabila dicuci dengan sembarang deterjen. Karena dikhawatirkan pakaian anda malah akan menjadi rusak.

Untuk itu, jasa laundry akan sangat berguna untuk mencuci pakaian sesuai bahan khususnya jenis kain kasmir agar pakaian tetap awet dan tidak rusak akibat terkena air dan deterjen.

5. Pakaian yang memiliki detail payet

mencuci pakaian sesuai bahan

Pakaian dengan detail payet memang selalu menjadi daya tarik khususnya bagi kaum hawa. Payet memberikan warna tersendiri dan tekstur pada kain pun akan terasa hidup dengan adanya payet yang mengelilingi pakaian ataupun gaun.

Namun karena memiliki detail yang cukup rumit, pakaian dengan payet biasanya akan memiliki kesulitan tersendiri saat anda ingin membersihkannya. Untuk itu, jika anda ingin mencuci pakaian sesuai bahan berpayet maka, dry cleaning merupakan solusi tepat untuk mencuci material pakaian jenis ini untuk menghindari tersangkutnya paket dan kemungkinan lainnya yang dapat merusak pakaian berpayet.

 

Baca juga: 7 Cara Ampuh Menghilangkan Noda Pakaian

Baca juga: Pakaian yang Wajib Menggunakan Dry Cleaning

Cek Youtube kami di: Saku Laundry | Youtube